Jangan sampai salah, Berikut Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Mesin cuci merupakan salah satu produk elektronik yang menjadi kesayangan para ibu rumah tangga. Teknologi canggih tersebut mmebuat para ibu rumah tangga tidak perlu repot untuk mengucek pakaian menggunakan tangan.

Saat ini, dengan memasukkan pakaian, air dan sabun, mesin cuci akan dengan cepat menyulap baju kotor menjadi baju yang bersih dan wangi. Bahkan, tidak hanya pakaian saja yang bisa bersih menggunakan jenis alat elektronik satu ini. Ada banyak barang lain yang juga bisa dicuci menggunakan mesin cuci seperti selimut, sprei, boneka, tas, ataupun sepatu.

Tidak heran, jika banyak ibu rumah tangga yang menggunakan mesin cuci untuk meringankan pekerjaannya sehari-hari. Kendati bisa digunakan untuk pakaian, akan tetapi tidak semua jenis pakaian bisa dicuci menggunakan mesin cuci karena dapat berakibat fatal.

Salah seorang ibu rumah tangga, Rifda mengatakan ada beberapa jenis pakaian yang sensitive untuk di masukan ke mesin cuci dan jika hal ini diteruskan bisa merusak pakaian yang hendak digunakan. 

“Iya, memang harus pintar memilah jenis baju kalau mau memasukkan ke mesin cuci. Ada beberapa baju biasanya yang saya cuci pakai tangan kaya baju yang kainnya spandek, itu kalau kena mesin cuci kan bisa melar,” terangnya kepada blokTuban.com, Sabtu (2/4/2022).

Selain pakaian yang berbahan spandek, lanjutnya pakaian yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci ialah jenis pakaian yang terbuat dari wol atau yang biasa disebut dengan pakaian rajut. Sebab, pakaian jenis itu juga mudah melar dan jika dimasukkan ke masin cuci warna jadi lebih cepat pudar. 

Tidak sampai di situ saja, pakaian berenda atau bermeci banyak rupanya juga pantang dimasukkan ke dalam mesin cuci, karena jenis pakaian satu ini lebih mudah sobek dan pakaian yang bermeci banyak akan berpotensi besar mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, pencucian untuk jenis pakaian ini harus lebih hati-hati dan menggunakan teknik halus.

“Pakaian batik juga biasa saya sendirikan, karena biasanya mudah luntur dan menurut saya kalau di cuci pakai mesin cuci warnanya cepat pudar,” katanya.

Lebih lanjut, untuk menghindari kelunturan pada baju, maka perempuan ramah ini juga biasa membedakan warna-warna dari pakaian yang hendak dicuci nya. 

“Biasanya kalau warna putih saya sendirikan, jadi kalau nyuci warna putih semua,” tutupnya. [Sav/Ali]