11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Ramadan, Ketersediaan Darah PMI di Kabupaten Tuban Aman

bloktuban.com | Thursday, 31 March 2022 09:00

Jelang Ramadan, Ketersediaan Darah PMI di Kabupaten Tuban Aman Kegiatan donor darah rutin dilakukan PMI Tuban. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban memastikan ketersediaan darah aman menjelang datangnya bulan suci Ramadan, sehingga dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

Sardju Effendi, Humas PMI Tuban mengatakan jika stok darah diperkirakan aman hingga 1-2 minggu bulan puasa. Kendati demikian, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi donor darah dan mengintensifkan kerjasama dengan semua pihak. 

“Untuk stok darah alhamdulillah aman untu 1-2 minggu saat bulan puasa,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kamis (31/3/2022). 

Amannya ketersediaan darah tersebut, lanjut Sardju lantaran UDD PMI Kabupaten Tuban sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari, dengan gencar menggelar kegiatan donor darah baik di instansi maupun perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban. 

“Memang sudah kita persiapkan dua minggu sebelumnya. Kita full kegiatan di instansi-instansi dan perusaan yang ada di Tuban,” ungkapnya. 

Hingga saat ini, pria ramah tersebut mengatakan ada sekitar 726 total ketersediaan kantong darah di UUD PMI Tuban, namun juga bisa berubah sewaktu-waktu. 

Lebih lanjut, Sardju lantas memberikan perincian stok 726 kantong darah yang tersedia tersebut. Yaitu meliputi golongan darah A sebanyak 140 kantong, golongan darah B 198 kantong, golongan darah O sebanyak 295 kantong. Sedangkan untuk golongan darah AB sebanyak 93 kantong darah, dengan komponen darah yang berbeda-beda. 

Seperti komponen darah Whole Blood (WB) golongan darah A sebanyak 6, golongan darah B berjumlah 5. Golongan darah O sebanyak 5, dan golongan darah AB berjumlah 5. Untuk Packed Red Cell (PRC), golongan darah A sebanyak 94, golongan darah B berjumlah 107, golongan darah O sebanyak 145, serta golongan darah AB berjumlah 68 kantong. 

Sedangkan komponen darah Thrombocyte (TC) yang tersedia hanya golongan darah A dengan jumlah 1 kantong darah. Untuk Fresh Frozen Plasma (FPP) golongan darah A sebanyak 9, golongan darah B berjumlah 6, golongan darah O sebanyak 19 dan golongan darah AB berjumlah 8. 

Selain itu, untuk komponen darah Plasma Convalescent (PC) golongan darah A sebanyak 30, golongan darah B berjumlah 80, golongan darah O sebanyak 126. Sedangkan untuk golongan darah AB berjumlah 12 kantong darah. [Sav/Ali]

Tag : Stok Darah Ramadan, PMI Tuban, Donor Darah, Stok aman, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat