Aksi 315 Anggota PSHT Bantu Korban Banjir Bandang di Kerek

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Ranting Kerek, Minggu (13/03) mengerahkan ratusan warga dan siswanya untuk kembali membantu warga kecamatan setempat yang menjadi korban bencana banjir bandang, Kamis (10/03) lalu.

Pada hari ketiga bhakti sosial tersebut dilakukan di Desa Temayang dan Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek. SH Terate  turun dan membantu masyarakat korban bencana banjir bandang, dengan cara membantu ke rumah-rumah warga dan memperbaiki fasilitas umum hingga membagikan paket sembako. 

Seluruhnya dilakukan secara swadaya organisasi berbasis persaudaraan tanpa membuka donasi kepada masyarakat umum, dari tenaga hingga pendanaan. SH Terate Ranting Kerek juga membuka posko bencana untuk memudahkan koordinasi internal organisasi dalam penanganan teknis lapangan maupun koordinasi dengan pihak terkait. 

"Itu dilakukan karena melihat kondisi di lapangan SH Terate yang giat aktif membantu masyarakat. Kami menjalankan ajaran kami. Membantu sesama untuk memberikan manfaat,” kata Ketua SH Terate Ranting Kerek, Kangmas Sunarto.

Di Desa Temayang danMargomulyo, SH Terate dengan 315 personilnya melakukan sejumlah kegiatan. Mulai melanjutkan perbaikan tanggul, normalisasi sungai/alur air yang tertimbun material, melakukan pembersihan sekolahan TK dan PAUD, ingga lingkungan masjid dan balai desa.

Selain itu, personil juga disebar ke rumah warga yang membutuhkan untuk melakukan pembersihan maupun perbaikan ringan. Sekaligus mengangkut sampah hasil pembersihan ke tempat pembuangan sampah dengan menggunakan mobil Pengamanan Terate (Pamter) Cabang Tuban.

“Di lapangan SH Terate berkolaborasi dengan masyarakat, Forkopimka dan BPBD Kabupaten Tuban. Semoga peran kami dapat bermanfaat baik untuk masyarakat maupun organisasi dan adik-adik kami,” ungkap Kangmas Sunarto.

Diketahui, setelah terjadi banjir bandang, SH Terate Ranting kerek sehari setelahnya langsung turun membantu warga. Sejumlah rayon di Rantin Kerek menurunkan warga dan siswanya untuk membantu masyarakat. Mulai dari pembersihan lingkungan, pembersihan rumah hingga membagikan paket sembako. [Ali]