MGMP IPA Tuban Gelar Kompetisi Sains dan Pameran Inovasi Sains

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - MGMP IPA Kabupaten Tuban sukses menggelar kegiatan rutin tahunan Kompetisi Sains SMP dan Pameran Inovasi Sains, Minggu (6 Maret 2022) di SMP Negeri 1 Merakurak Tuban. 

Kegiatan kompetisi sains ini diikuti kurang lebih 65 sekolah dengan total 287 siswa dari semua jenjang kelas. Kompetisi sains ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam bidang sains di tingkat kabupaten sekaligus sebagai ajang untuk persiapan KSN pada jenjang yang lebih tinggi.

Pembina MGMP IPA Kabupaten Tuban sekaligus Kepala SMP Negeri 1 Merakurak, M. Kholis dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pameran inovasi sains merupakan media untuk mengekspresikan dan mengapresiasi karya siswa maupun guru, mulai dari alat peraga percobaan sains, media pembelajaran sains, wirausaha berbasis sains, termasuk produk bioteknologi sederhana. 

Hadir untuk membuka acara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Joko Prijono, SH. M.Hum. Dalam sambutannya, Joko sangat mengapresiasi kegiatan KSN tersebut, terutama pameran inovasi sains yang sangat relevan dengan revolusi industri 4.0 sebagai ikhtiar peningkatan kompetensi siswa, terutama pada aspek literasi dan numerasi. 

"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi kreativitas guru dan siswa dalam bidang pembelajaran sains, meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik, sehingga tercipta generasi manusia yang berperadaban unggul," ujar Joko Prijono. 

Dalam show case pameran inovasi sains terdapat 8 stand pameran berisi aneka karya siswa. Antara lain instalasi hidroponik dan sprayer air tenaga surya, miniatur jembatan dan robot hidrolik, hydrometal detector, nata de legen, eco-enzym sebagai desinfektan alami, kopi mengkudu, dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan itu, Kepala dinas pendidikan sangat antusias mengunjungi setiap stand dan berdialog dengan para siswa. 

Untuk kompetisi sains, beberapa sekolah yang menyabet juara adalah SMPN 1 Tuban, SMPN 3 Tuban, SMPN 1 Bangilan, SMPN 1 Soko, dan SMPN 2 Singgahan. Sedangkan juara umum digondol oleh SMPN 1 Bangilan. Selamat untuk para juara. [Ali]