Peringatan Dini Gelombang Tinggi BMKG di Perairan Tuban-Lamongan Capai 2 Meter

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya memberi peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Tuban-Lamongan mencapai dua meter. Potensi tersebut berlaku mulai 3-7 Maret 2022 mendatang. 

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama, menghimbau para pengguna perairan khususnya nelayan untuk tetap selalu berhati-hati ketika melaut. Sekaligus waspada apabila terdapat perubahan cuaca yang signifikan. 

"Ikuti terus informasi cuaca BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya. Gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang yang tertera di atas keberadaan awan Cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang," ujar Zem kepada reporter blokTuban.com, Rabu (2/3/2022). 

Sesuai prakiraan BMKG, gelombang tinggi dua meter hanya berlangsung pada 3 Maret. Untuk 4-7 Maret gelombang tinggi di Perairan Tuban-Lamongan kisaran 0,20-1,25 meter. 

Zem menambahkan, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini air pasang laut maksimum 2-5 Maret 2022 untuk wilayah pesisir Jawa Timur. Air pasang setinggi 1,30-1,50 centimeter berpeluang terjadi di wilayah daerah Pelabuhan Surabaya pukul 23.00-24.00 Wib, dan pesisir Surabaya barat pukul 10.00-13.00 Wib. 

Kondisi tersebut akan berdampak pada terjadinya genangan air dan mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat, serta aktifitas bongkar muat di pelabuhan. [Ali]