Sisihkan Uang Jajan, Santri Ash-Shomadiyah Tuban Bantu Warga Terdampak Covid-19

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Santri Ash-Shomadiyah Kabupaten Tuban telah melakukan observasi di sekitar lingkungan sekolah yang berada di Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban. Kegiatan tersebut bertajuk dampak pandemi terhadap perekonomian masyarakat. 

Sebanyak 11 kelompok yang melakukan observasi lapangan, kemudian melaporkan hasil observasi tersebut ke dalam bentuk tulisan. Dari hasil observasi ditemukan, semua warga yang diwawancarai mengaku terdampak covid-19.

Zuhria, salah satu santri yang melakukan observasi mengatakan, rata-rata dari semua warga yang ditemuinya bersama teman-temannya mengaku perekonomiannya terdampak pandemi covid-19, namun hanya empat warga ditemukan dalam kondisi yang memprihatinkan. 

"Hanya empat yang memprihatinkan dan harus dibantu ekonominya," ujar Zuhria, Minggu (13/2/2022). 

Selanjutnya, dari hasil observasi santri Ash-shomadiyah menginisiasi untuk menyisihkan uang jajannya untuk dibelikan sembako. Tak butuh waktu lama, untuk melakukan penggalangan dana kepada santri di Ash-Shomadiyah. 

"Kami menyisihkan uang jajan untuk dibelikan sembako untuk dibagikan kepada warga," sambung Ailsa, ketua OSIS Ma Ash-Shomadiyah.

Sementara itu, Kepala MA Ash-Shomadiyah, Riza Shalihuddin Habibi, mengatakan, kegiatan observasi dan bantuan sosial ini sebagai pembelajaran bagi santri untuk meningkatkan potensi jati diri kader-kader bangsa yang humanis, sosialis, nasionalis religius, kritis dan demokratis serta kuat untuk menghadapi tantangan zaman.

"Sejak dini santri harus dilatih untuk siap menghadapi tantangan zaman," tandasnya. [Ali]