Marak DBD, Permintaan Trombosit di PMI Tuban Meningkat

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Masyarakat di Kabupaten Tuban harus mewaspadai  peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) di musim hujan. Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti tersebut bisa meningkat saat musim hujan dikarenakan populasi nyamuk yang semakin banyak, sebab telur-telur nyamuk aedes aegypti akan menetas ketika habitatnya tergenang oleh air hujan. 

Kelangsungan hidup nyamuk aedes aegypti juga bisa bertahan lebih lama saat cuaca memiliki tingkat kelembapan tinggi. Penyakit DBD memiliki gejala yang khas yakni jumlah kadar trombosit yang menurun saat dilakukan pemeriksaan darah. Dilansir dari laman klikdokter, trombosit darah merupakan komponen penting karena berfungsi untuk menghentikan pendarahan saat terjadi luka atau kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah. 

Pada kasus pasien DBD, trombosit yang rendah akan menyebabkan darah sulit membeku, sehingga bisa berbahaya karena penderita DBD rentan mengalami pendarahan. Apabila trombosit yang menurun tersebut tidak segera diatasi maka bisa berakibat lebih fatal.

Dalam dua minggu terakhir, permintaan komponen darah trombosit ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban juga mengalami peningkatan. “Permintaan stok darah di PMI Tuban khususnya komponen darah trombosit dalam dua minggu terakhir memang mengalami peningkatan,” jelas Sarju Efendi, selaku humas dan rekruitmen donor darah PMI Tuban.

Sarju menambahkan, bawah komponen darah trombosit hanya memiliki waktu simpan yang singkat, sehingga PMI tidak menyimpan stok trombosit dalam jumlah banyak. 

“Trombosit daya simpannya hanya lima hari, sehingga dari PMI tidak berani menyimpan banyak stok. Lebih akuratnya jika ada yang butuh darah, ada pendonor, kemudian kita bisa langsung olah menjadi trombosit untuk bisa ditransfusikan,” terangnya.

Proses pengolahan darah menjadi trombosit diperlukan waktu kurang lebih 2-3 jam, mulai dari proses pengambilan darah hingga selesai transfusi darah.

Selain komponen trombosit, diketahui stok darah di PMI Tuban masih cenderung aman. Pada Sabtu (5/2/2022) stok darah golongan darah A semua jenis komponen ada 139 kantong, golongan darah B ada 147 kantong, golongan darah O paling banyak yakni 191 kantong, dan golongan darah AB tersedia 45 kantong. 

“Jadi untuk totalnya, hari ini PMI memiliki stok darah 522 kantong,” tutupnya. [Din/Ali]