Kunjungi wabup Tuban, Ini yang Disampaikan Duta Baca Nasional Gol A Gong

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Duta Baca Nasional Gol A Gong berkunjung ke rumah dinas Wakil Bupati (wabup) Tuban Riyadi Rabu (26/1/2022) sore. Gol A Gong mengajak diskusi tentang literasi. Sehingga, kehadiran Duta Baca Nasional ini memantik semangat berliterasi. Wabup berharap, suatu saat nanti, Kabupaten Tuban akan menjadi Kota Literasi.

‘’Agar anak-anak kita, para generasi muda dan masyarakat kita peduli literasi dan melaksanakannya,’’ ujarnya.

Gol A Gong adalah penulis terkenal yang produktif. Pria ini juga dikenal sebagai motivator yang saat ini mengemban tugas sebagai Duta Baca Nasional. Salah satu tugasnya adalah mengkampanyekan budaya literasi ke seluruh Indonesia.

Seharian penuh, Gol A Gong dan timnya berada di Tuban dalam rangkaian Safari Litrerasi 2022 yang dia lakoni. Gol A Gong bersama tim dengan menumpang mobil dinas berkeliling Indonesia membawa pesan literasi.

Petang menjelang magrib itu, diskusi nampak gayeng. Selain Gol A Gong dan timnya, ada juga perwakilan dari Gerakan Guru Menulis (GGM) Kabupaten Tuban, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tuban dan perwakilan wartawan serta penulis asal Tuban.

‘’Mestinya dibentuk dulu Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) untuk menjadi pemicu awal,’’ usul Gol A Gong.

Gol A Gong mengajak pemkab untuk berani mengambil peran demi cepat menyebarnya budaya literasi. Peran organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangangi perpustakaan, pendidikan dan lainnya harus dimaksimalkan untuk mendukung gerakan literasi tersebut.

‘’Dukungan dengan kebijakan dan anggaran harus dilakukan agar gerakan ini menjadi semakin cepat,’’ tambah Gol A Gong.

Kang Riyadi, sapaan akrab wabup mengatakan, bahwa gerakan literasi, salah satunya membaca adalah sangat penting. Karena itu, dia mengaku akan mengkoordinasikan dengan OPD terkait untuk mendukung gerakan tersebut.

Dia juga meminta masyarakat untuk mendukung gerakan tersebut. Dia berterimakasih dengan lembaga-lembaga atau orgaisasi yang berkiprah untuk mengembangkan literasi di Tuban. 

‘’Ke depan kita ingin berkoordinasi, berkolaborasi sehingga gerakan semakin terarah dan membawa manfaat yang luas untuk seluruh masyarakat,’’ tandasnya.[ono]