Kapolres Tuban Kumpulkan Petinggi Perguruan Silat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kapolres Tuban bersama Dandim 0811/Tuban dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tuban menggelar silaturahmi dengan sejumlah pimpinan perguruan pencak silat.

Kegiatan silaturrahmi itu digelar di Gedung Sanika Satyawada Polres Tuban dalam rangka menjaga sinergitas dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah masa pandemi Covid-19.

Kapolres Tuban, AKBP Darman mengatakan, hari ini pihaknya mengumpulkan seluruh pimpinan perguruan pencak silat di Kabupaten Tuban yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

"Kita membuat deklarasi bersama yang isinya agar mereka sinergitas dalam membangun Kabupaten Tuban," terang Kapolres Tuban, Kamis (27/1/2022).

Lebih lanjut, deklarasi tersebut juga berisi agar mereka saling menjaga antar perguruan silat serta apabila ada gesekan atau konflik untuk diselesaikan secara hukum.

"Kemudian ditingkat kecamatan agar dibentuk paguyuban dalam rangka untuk mengakomodir masukan-masukan yang ada di tingkat ranting atau kecamatan," imbuh Kapolres.

Sementara itu, dalam pemaparanya Kapolres Tuban menyampaikan, dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan tepatnya pada bulan Januari 2022, gesekan antar perguruan pencak silat terjadi 4 kali.[hud/sas]