Inilah Jenis Tanaman Bonsai Yang Paling Banyak diminati di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Belakangan ini, masyarakat Indonesia banyak yang tertarik dan menggandrungi tanaman jenis bonsai. Bonsai sendiri merupakan miniatur tanaman besar yang ditanam di dalam pot.

Di Kabupaten Tuban sendiri, sudah banyak masyarakat yang berminat dalam dunia bonsai tersebut. salah satu penghobi bonsai di Kabupaten Tuban, mengatakan jika saat ini jenis bonsai yang paling diminati yaitu bonsai serut di batu, Kamis (27/1/2022).

Jenis bonsai itu paling diminati lantaran terjangkau, mudah didapatkan, dan kualitasnya yang tidak kalah dengan bonsai-bonsai impor, serta pembuatannya juga lebih singkat dari bonsai pada umumnya. Bonsai serut batu ini sendiri ialah bonsai asli dari Tuban yang original diambil dari alam.

“Kebetulan kita matrialnya bonsai seruti batu, oleh karena itu kita memaksimalkan seruti batunya,” terangnya saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Untuk harga dari tanaman bonsai ini sendiri terbilang relatif, bukan dilihat dari besar atau kecilnya ukuran pohon tersebut. akan tetapi berdasarkan kualitas pohon yang sudah memenuhi kriteria dari bonsai, seperti halnya nilai estetika.

Selain itu, merawat bonsai juga tidak jauh berbeda dari tanaman-tanaman pada umumnya. Tanaman bonsai cukup disiram, dipotong serta diganti media tanahnya apabila tidak subur.

Biasanya, pria berusia 30 tahun tersebut memasarkan bonsai-bonsai miliknya melalui media sosial seperti youtube, facebook dan juga antar sesama komunitas. Tidak hanya itu saja, ia mengatakan jika Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) juga memiliki program besar yaitu membuat website khusus anggota PPBI.

Hal itu digunakan untuk berbagai hal seperti pemasaran, pembedahan bahan, hingga pemahaman bahan. “Itu nanti mau dijadikan website, itu bahkan lintas dunia,” jelasnya.

Hingga saat ini, pria ramah ini mengaku jika ia bersama dengan komunitasnya sudah memasok bonsai hampir ke seluruh wilayah di Indonesia, dari bahan lokal terutama bonsai dengan jenis serut batu tersebut. [sav/sas]