Duta Baca Indonesia Gol A Gong Safari Literasi di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Duta Baca Indonesia, Gol A Gong melakukan safari literasi di Tuban bersama Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) dan guru-guru se Kabupaten Tuban, Kamis (27/1/2022). Kehadirannya di Tuban menjadi penyemangat bagi pegiat literasi untuk terus berkarya. Safari literasi dengan tema “Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat” ini merupakan upaya menumbuhkan budaya menulis dan membaca, serta meningkatkan indeks literasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tuban.

Gol A Gong yang bernama asli Heri Hendrayana Harris ini merupakan penulis terkenal di Indonesia, lebih dari 125 judul buku telah ditulisnya. Gol A Gong merupakan pendiri “Rumah Dunia”, sebuah komunitas kebudayaan yang bergiat di bidang jurnalistik, sastra, film, teater, musik dan menggambar.

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, hadir sebagai keynote speaker adalah Wakil Bupati Tuban Riyadi. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Tuban Joko Prijono, Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Nur Khamid, Kemenag Tuban Umi Kulsum, Ketua PGRI Witono, juga perwakilan dari IGI dan IGPT Kabupaten Tuban, dan peserta dari unsur guru dan masyarakat.

Wakil Bupati Tuban, Riyadi dalam sambutannya mengajak masyarakat Tuban untuk mencintai budaya literasi. Buku adalah jendela dunia."Kita bisa melihat isi dunia dari buku tanpa melakukan perjalanan. Hanya cukup membaca halaman, menulis, berfikir, dan berinovasi dunia akan kita kuasai," pesannya.

Kang Riyadi, sapaan akrab wabup kembali menegaskan bahwa gerakan literasi, salah satunya membaca adalah sangat penting. Karena itu, dia mengaku akan mengkoordinasikan dengan OPD terkait untuk mendukung gerakan tersebut. Dia juga meminta masyarakat terutama lembaga-lembaga atau organisasi yang terkait untuk berkiprah dalam mengembangkan literasi di Tuban.

Ketua KGBN Tuban, Eva Septiana Rahayu menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban yang memfasilitasi kegiatan ini, juga hadirin dan sponsor. "KGBN terus berikhtiar menggerakkan literasi, pendidikan dan pengembangan kompetensi serta karir guru di Kabupaten Tuban, kata perempuan yang juga Kepala SDN Grabagan III Tuban ini," kata Eva.

Saat jeda siang, Gol A Gong dan tim diterima di rumah dinas Wabup Tuban bersama panitia KGBN, komunitas guru dan para jurnalis. Dalam kesempatan tersebut, Gol A Gong mengajak pemkab untuk berani mengambil peran demi cepat menyebarnya budaya literasi. Peran organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangangi perpustakaan, pendidikan dan lainnya harus dioptimalkan untuk mendukung gerakan literasi tersebut.

"Dukungan dengan kebijakan dan anggaran harus dilakukan agar gerakan ini menjadi semakin cepat,’’ tambah Gol A Gong. [hud/ito]