19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kebutuhan Mediator Tinggi, IAINU dan UGM Gelar Pelatihan Mediator untuk Hukum Keluarga Islam

bloktuban.com | Wednesday, 12 January 2022 11:00

Kebutuhan Mediator Tinggi, IAINU dan UGM Gelar Pelatihan Mediator untuk Hukum Keluarga Islam CETAK MEDIATOR : Pelatihan yang Digelar IAINU Tuban Melahirkan Mediator untuk Sengke Hukum

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Mediasi menjadi salah satu alternative dispute resolution atau alternatif penyelesaian sengketa yang saat ini punya peran penting dalam upaya penyelesaian sengketa di pengadilan. 

Oleh karena itu, kebutuhan mediator menjadi hal yang tidak bisa dihindari lagi. Ke depan kebutuhan mediator dalam sengketa hukum tinggi, seiring denga meningkatnya kasus hukum di tengah masyarakat.

Untuk merespon kebutuhan tersebut, Fakultas  Syariah Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban,  bekerjasama dengan Fakultas Hukum  Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menyelengarakan pelatihan mediator. Pelatihan selama tiga hari,  11-13 Januari 2022.

Perwakilan dari IAINU Tuban Yudi Arianto,S.Sy.,M.Hi  yang Kepala Program Studi HKI menuturkan pelatihan mediator ini menghadirkan manfaat yang sangat besar, terutama bagi kemajuan program studi Hukum Keluarga Islam (Prodi HKI). Menambah jejaring dan kerjasama sehinga bisa lebih dikenal keberadaannya bagi peserta.

‘’Semoga bisa mengisi kekosongan kebutuhan mediator di tingkat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama di seluruh Indonesia,’’ ujarnya.

Agenda pelatihan mediator tersebut menghadirkan para praktisi dan akademisi,  di antaranya Dr. Eric Hiariej, MA, Dosen HI FISIPOL UGM dan Pendiri Pusat Studi Perdamaian Tesolusi Konflik UGM.

Materi yang diberikan dalam pelatihan mediator dirancang sangat sistematis dan memuat bauran antara teori dan praktik. Seperti materi tahapan konflik dan peta konflik, segitiga konflik, analogi bawang bombai, dan pohon konflik. 

Peserta diberikan pre-test sebelum masuk ke materi, kemudian diiringi dengan simulasi, role play dan ditutup dengan post-test. 

Setelah melalui serangkaian kegiatan selama 3 hari tersebut, peserta yang lulus akan memperoleh sertifikat mediator yang bisa digunakan untuk berpraktik sebagai mediator dalam penyelesaian perkara di pengadilan.[ono]

 

Tag : mediator, pelatihan mediator, hukum keluarga islam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat