Kenalkan Seni Bonsai ke Pengunjung, RBC Gelar Pameran

Reporter  : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Ratu Bakery yang ke-10 tahun, Rengel Bonsai Community (RBC) gelar pameran bonsai dengan beraneka ragam jenis.

Pameran bonsai ini diselenggarakan selama lima hari berturut-turut, mulai tanggal 3 Januari 2022 dan digelar hingga tanggal 7 Januari waktu dini hari. Ada banyak jenis bonsai yang dipamerkan mulai dari bonsai Serut, Arobika, Musram dan lain sebagainya.

“Ini ada 52 bonsai yang dipajang, yang ikut ada sekitar 50 peserta,” ujar Fenta Panitia penyelenggara kepada blokTuban.com.    

Selain memperingati Anniversarry Ratu Bakery, pameran tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan seni bonsai kepada para pengunjung cafe.

Pria berusia 30 tahun tersebut mengatakan, dia melakukan hal tersebut, lantaran saat ini bonsai merupakan salah satu seni yang belum banyak dipahami dan disukai oleh kalangan muda.

“Bonsai ini kebanyakan disukai oleh kalangan orang yang sudah berumur, padahal bonsai salah satu peluang untuk melakukan investasi seni yang sehat,” jelasnya.

Bonsai-bonsai yang dipamerkan oleh seluruh peserta yang tergabung dalam komunitas SBC tersebut, langsung dinilai oleh juri nasional dari Litbang BPPI, dengan 10 peserta yang menjadi juara.

“Syarat untuk bisa mengikuti pemeran harus masuk dalam komunitas RBC, juri nasional yang menilai langsung kriteria bonsai yang terbaik, yang juara satu jenis pohon Serut gaya panorama, salah satu bonsai terbaik di event ini,” Katanya.  

Selain memamerkan berbagai jenis bonsai, kegiatan yang bertempat di Ratumeetpoint tersebut  juga mengadakan workshop dan edukasi cara merawat atau merawat bonsai secara baik.

Untuk ke depannya, pria ramah tersebut mengaku bahwa acara tersebut akan terus berlanjut setiap tahun. Dengan tujuan untuk merangsang peminat bonsai di Kabupaten Tuban terutama kalangan anak muda.

“Dengan adanya event ini kita kenalkan  secara langsung seni bonsai, diikuti dengan sarasehan, pemahaman, edukasi, banyak acara yang akan kita kembangkan ditahun yang akan datang,” tutupnya. [sav/ono]