Pasca Tahun Baru, Harga Cabai dan Telur Berangsur Turun

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Harga bahan pokok yang sebelumnya mengalami lonjakan tajam, kini berangsur turun. Salah satu komoditas yang turun harga adalah cabai yang saat ini dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram. 

Sebelumnya, harga komoditas cabai di sejumlah pasar sempat membuat masyarakat geleng-geleng kepala. Pasalnya menjelang tahun baru kemarin, cabai mengalami kenaikan harga hingga mencapai Rp90 ribu per kilogramnya. 

“Saat ini harga cabai rawit sudah turun jadi Rp40 ribu satu kilogram, kemarin masih Rp45 ribu. Sebelum tahun baru naik sampai Rp 90ribu harganya, alhamdulillah ini sudah turun,” ucap Sriyatun, salah satu penjual cabai di Pasar Desa Plumpang, kepada blokTuban.com pada Jumat (7/1/2022). 

Selain cabai rawit,  harga cabai merah saat ini juga turun menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya. Sedangkan cabai merah keriting dijual dengan harga Rp28 ribu per kilogram. 

“Kalau cabai merah sama cabai kriting ini harganya sekarang sudah stabil,” tambahnya.

Tidak hanya cabai yang turun harga pasca tahun baru ini, namun harga telur ras juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

Sebelumnya, harga telur di Kabupaten Tuban mencapai Rp29 ribu per kilogram. Saat ini harga telur turun menjadi  per kilogramnya Rp23 ribu. 

“Telur juga sekarang turun, kemarin sempat naik Rp 29 ribu perkilogram, ini sekarang sudah normal tapi masih belum murah kalau murah bisa sampai Rp19 ribu per kilogram,” bebernya. 

Menurut Sriyatun penurunan harga telur ras tersebut, turun disebabkan karena sudah tidak ada bansos PKH (Program Keluarga Harapan) dari pemerintah yang turun untuk masyarakat. Sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membeli telur. 

“Kemarin sempat mahal karena barengan sama pembagian PKH dari pemerintah, kalau nggak ada PKH harganya jadi menurun,” tutupnya.[sav/ono]