Tagana dan KSB Ronggolawe Adakan Lomba Mewarnai

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Masih dalam semangat hari pohon sedunia yang diperingati pada 21 November lalu, hari ini Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban dan Kampung Siaga Bencana (KSB) Ronggolawe Tuban mengadakan lomba mewarnai, Sabtu (27/11/2021).

Lomba mewarnai digelar di area Taman Siaga Bencana (TSB) Kali Kening, Desa Cengkong, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, dengan melibatkan 100 siswa TK/RA dan Paud/KB se-Kecamatan Parengan.

Kegiatan melukis alam bersama kawan, bertema peduli lingkungan dan alam sekitar ini, juga didukung penuh oleh Pemerintah Desa Cengkong berikut ibu-ibu PKK.

Ketua Panitia acara, Taufiq Dwi Biyantoro menuturkan bahwa selain lomba mewarnai oleh anak-anak, juga dilakukan pembentukan TSB Kali Kening dan sosialisasi kepada masyarakat umum tentang PRB dan keterlibatannya dalam penanggulangan bencana.

"Dengan dukungan sari Dinsos, Tagana dan KSB mengadakan lomba mewarnai kepada anak usia dini. Kami juga edukasi tentang pengenalan penangulangan bencana sejak dini," ungkapnya.
 
Dengan semua acara tersebut, sambungnya, anak-anak diharapkan biaa membentuk karakter cinta lingkungan sejak dini. Masyarakat punya peran dalam pengurangan resiko bencana serta keterlibatan dalam penanggulangan bencana.

"Terimakasih untuk dukungan dari semua pihak terhadap TSB, dan semua kegiatan Tagana dan KSB," lengkapnya.

Koordinator Tagana, Mokh. Zaenuri menambahkan bahwa kegiatan ini dicakup dalam hari pohon sedunia. Dengan memberi sosialisasi perihal pentingnya pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat.

"Adanya Taman Siaga Bencana sebagai tempat edukasi dan faktual pengurangan Resiko Bencana (PRB), juga penting bagi masyarakat," ucap Zaenuri.

Eddy Sanjani selaku Kepala Desa (Kades) Cengkong, begitu mengapresiasi program kegiatan Tagana dan KSB Ronggolawe yang mana TMS terlaksana dalam bentuk lomba mewarnai.

"Terimakasih, untuk sosialisasinya program PRB kepada masyarakat kami dan sudah membentuk TSB Kali Kening. Semoga masyarakat lebih paham akan keterlibatanya dalam PRB," tukas Kades Cengkong. [Feb/ ].