Capaian Rendah, Kodim 0811 Tuban terima BKO 50 Prajurit Yon Zipur 5 untuk Awasi Percepatan Vaksinasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Capaian vaksinasi di Kabupaten Tuban masih di angka 41 persen untuk masyarakat umum dan 17,66 persen untuk lansia. Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban menargetkan tercapainya target vaksinasi sebesar 50 persen untuk masyarakat umum dan 40 persen bagi lansia.

Target tersebut dikejar demi memenuhi syarat dari Mendagri maupun Kementerian Kesehatan agar Kabupaten Tuban bisa masuk ke Level 2.

Untuk mengejar capaian vaksinasi yang masih rendah, Kodim 0811 Tuban mendapatkan BKO 50 personel dari Yon Zipur 5 / ABW di wilayah teritorialnya. Bertempat di Makodim Jl Dr. Wahidin Sudiro Husodo No 871 Tuban. Prajurit berkumpul dan siap bertugas sejak Jumat (19/11) kemarin.

Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan, pasukan BKO dari Yon Zipur 5 / ABW akan ditempatkan tersebar di 20 Kecamatan wilayah teritorial kodim 0811 untuk melaksanakan vaksinasi door to door khususnya para lansia.

"Kalau target lansia masih jauh, yang harusnya kita bisa mencapai 40 persen. Itu kita baru tercapai 17,66 persen begitu juga yang masyarakat umum saat ini capaiaannya masih sekitar 41 persen," ujar Dandim Tuban dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/11/2021).

Penentuan indikator status level PPKM, dikatakan Dandim Tuban dilihat dari pencapaian vaksinasi. Khususnya dari pencapaian vaksinasi masyarakat umum dan lansia, Kabupaten Tuban masih dalam kategori Level III.

Pengerahan pasukan di jajaran Kodim 0811 Tuban Bersama 50 prajurit BKO dari Yon Zipur 5 sangat penting untuk dilakukan guna memenuhi capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Tuban. Tak lupa himbauan prokes tetap dilakukan dengan cara pendekatan humanis kepada masyarakat.

“Kami berharap warga masyarakat untuk segera divaksin dan bagi yang sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan,” pintanya.

Vaksinasi dengan skema door to door telah dilakukan prajurit TNI AD di 20 kecamatan. Seperti yang dilakukan Babinsa kerek dan Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Desa di wilayah teritorial, Koramil 14 kerek, Kodim 0811 Tuban,  bersinergi untuk memaksimalkan proses pemberian vaksin bagi lansia.

Kedatangan petugas ke rumah warga sasaran vaksin, salah satunya memberi pemahaman bahwa vaksin aman dan halal.

"Vaksin aman dan halal. Tidak perlu takut dan mari ikuti anjuran dari pemerintah untuk bersama-sama melawan pandemi Covid-19," tutup Danramil Kerek Kapten Arh Abdul Ghofar. [ali/ono]