20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |   20:30 . Masa Tanam Selesai, Warga Desa Sugiharjo Rayakan Ulang Tahun Ternak Sapi   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

TPPI Terima Penghargaan Badan Usaha Terbaik Peduli Pekerja Rentan dari BPJS Ketenagakerjaan

bloktuban.com | Friday, 19 November 2021 14:00

TPPI Terima Penghargaan Badan Usaha Terbaik Peduli Pekerja Rentan dari BPJS Ketenagakerjaan Penyerahan penghargaan kepada TPPI oleh Pemkab Tuban. (Foto: istimewa untuk bloktuban.com)

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - BPJS Ketenagakerjaan Tuban menggelar kegiatan penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, badan usaha yang berpartisipasi peduli pekerja rentan, simbolis BSU, santunan kematian dan dan beasiswa anak di Pendopo Krida Manunggal Tuban, Kamis (18/11/2021) siang.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Tuban, Riyadi. Turut hadir Sekda Tuban, Budi Wiyana, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro dan Tuban, pimpinan perusahaan dan sejumlah pimpinan OPD.

Pada kesempatan ini, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemkab Tuban atas dukungan Implementasi Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 2 Tahun 2021. Sekaligus optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Tuban.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro, Imam M. Amin mengatakan sedikitnya ada 15.761 pekerja penerima upah di Tuban yang diajukan untuk menerima BSU, akan tetapi yang memenuhi persyarakatan hanya 13.498 orang. Verifikasi seluruhnya dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Adapula 10 badan usaha yang mengikuti dalam program peduli pekerja rentan. Imam melanjutkan tercatat sebanyak 111.600 pekerja di Tuban telah terdaftar.

"Kami mohon dukungan dari Pemkab Tuban agar tenaga kerja di kabupaten Tuban dapat seluruhnya tercover," ujarnya.

Dengan terdaftar sebagai peserta, BPJS Ketenagakerjaan mampu meningkatkan kualitas kerja pegawai guna mendukung peningkatan hasil kerja perusahaan.

Tidak hanya itu, nelayan di Kabupaten Tuban dapat turut didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat profesi nelayan memiliki resiko kerja yang cukup tinggi. Selain itu, masih terdapat profesi lain yg dapat didorong untuk dapat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga seluruh pekerja di Tuban dapat terlindungi dan terjamin masa tuanya.

Wabup Tuban, Riyadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah melaksanakan program jaminan sosial dan ketenagakerjaan bagi masyarakat kabupaten Tuban. Di samping itu, Badan usaha yang telah mendaftarkan pegawainya turut berpartisipasi menyukseskan program jaminan sosial bagi pekerja. Program jaminan sosial tersebut, lanjut Riyadi mampu mengurangi kemiskinan dan menekan pengangguran.

"Ke depan semoga dapat dijalin sinergitas dengan Pemkab Tuban guna mencapai kesepahaman terkait pelaksanaan jaminan sosial di kabupaten Tuban," ungkapnya.

Program jaminan menjadi jawaban atas keresahan masyarakat perihal antisipasi terhadap terjadi kecelakaan kerja, kematian, maupun jaminan hari tua. Menyikapi hal tersebut, Pemkab Tuban terus mendorong badan usaha untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Salah satunya Dinas PMPTSP mensyaratkan BPJS Ketenagakerjaan sebelum diterbitkannya izin usaha.

"Bukan untuk mempersulit, melainkan melindungi pekerja di masa mendatang," sambungnya.

Terkait keikutsertaan pegawai Pemkab dalam jaminan sosial ketenagakerjaan, Wabup berharap  kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan bisa terus terjalin dengan optimal, sehingga seluruh karyawan di lingkup Pemkab Tuban dapat seluruhnya tercover.

Sonny Alonsye selaku Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Tuban berharap GTT/PTT di Dinas Pendidikan, dan pekerja rentan lainnya seperti petani, sopir angkutan, tukang becak dan pedagang pasar juga segera mendaftar program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan, mengingat pentingnya perlindungan bagi mereka saat bekerja dan manfaat yang didapat jika mengalami risiko saat bekerja.

"Pola pembayarannya bisa mandiri maupun dianggarkan melalui APBD 2022," kata Sonny.

Untuk diketahui, ada lima badan usaha terbaik peduli 1000 pekerja rentan di Kabupaten Tuban. Pertama ada RS Medika Mulia merupakan RS Swasta Kelas C yg Terakreditasi. Bergerak dibidang Pelayanan Kesehatan Paripurna yg bebadan Hukum Yayasan Bhakti Mulia Persada. RS Medika Mulia berdiri sejak 25 Januari 1994. Bertempat di Jalan Mojopahit no 699 Tuban.

Kedua, Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban didirikan pada th.1955 beralamat di Jalan Diponegoro No 1 Tuban, bergerak dibidang Jasa Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban mempunyai 169 karyawan & memiliki motto “Layananku Ibadahku”. Ketiga ada PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban berdiri sejak 1995 beralamat site di desa Remen-Tasikharjo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352 bergerak di bidang Industri Produk dari Pengilangan Minyak Bumi, Industri Bahan Kimia dan Barang dari Bahan Kimia dan Perdagangan Besar Khusus Lainnya.

Produk utama yang dihasilkan TPPI berupa produk aromatik, terutama paraxylene, benzene, orthoxylene, heavy aromatic, dan toluene. Perusahaan juga memproduksi petroleum, terutama light naphtha, minyak gas, dan bahan bakar seperti mogas 88 dan migas 92 dan memiliki visi menjadi perusahaan petrokimia dan Energy kelas dunia

Selanjutnya ada PT. Pentawira Agraha Sakti, perusahaan bergerak di bidang Industri Kapur, dengan hasil  seperti Hydrated lime,Quick lime, dan Burnt lime. Berdiri sejak  tahun 1990, Di Tuban beralamatkan di jl. Raya plumpang, Ds. Kepohagung Rt. 01 Rw. 08 Kec. Plumpang Kabupaten Tuban.

Kelima ada PT. Kaka Sasmitha Wijaya, sebagai perusahaan penyedia jasa tenaga kerja kebersihan (Cleaning Service dan Pemeliharaan Area Kerja), Jasa Konstruksi serta supply kebutuhan material dan machining, berdisi sejak tahun 2014 beralamat di Jln. Wood Center Ds. Wadung Kec. Jenu Kab. Tuban , kami memiliki 215 personil berpengalaman untuk mengatasi situasi kerja high pressure, area kerja kritikal serta kondisi emergency.

Sedangkan badan usaha partisipasi perlindungan 300 pekerja rentan di Kabupaten Tuban yaitu, PDAM Tuban, PT Rekayasa Industri, PT Swadaya Graha, PT Sumber Arum Sejahtera, dan PT Sederhana Jaya utama.

General Manager PT. TPPI Tuban, Sugiyo berkesempatan langsung menerima penghargaan dari Sekda Tuban, Budi Wiyana. Pada prinsipnya TPPI mendukung program peduli jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dengan mendaftarkan 1.000 nelayan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu Taheran Sidik Prabwowo, PR & CSR Section Head TPPI saat dimintai keterangan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas doa yang telah diberikan untuk TPPI sehingga dapat beroperasi dengan aman dan handal agar ke depan bisa terus berkembang serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas.

"Terutama bagi masyarakat rentan baik melalui program bantuan langsung, peningkatan kompensi masyarakat maupun pemberdayaan masyarakat melalui sinergi program antara perusahaan dan pemerintah dengan menggali semua potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Tuban," pungkasnya. [ali/col]

 

Tag : Pemkab, Badan usaha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more