Kolaborasi dengan Pemerintah, TPPI Dukung Percepatan Vaksinasi di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Warga Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban bahagia karena telah mendapatkan pengobatan massal dan vaksinasi dari PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban. Bakti sosial tersebut merupakan dukungan sekaligus aktifitas rutin TPPI di desa sekitar operasi kilang.

PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo, menuturkan pada prinsipnya TPPI mendukung program vaksinasi pada masyarakat dan sinergi dengan pemerintah desa sekitar dengan memberikan dukungan berupa obat dan dokter perusahaan untuk mengawal kegiatan vaksinasi bagi masyarakat dengan tujuan capaian vaksinasi bagi masyarakat bisa 100%.

Terkait teknis pelaksanaannya dengan menggabungkan program bhakti sosial pengobatan gratis dengan program vaksinasi. Dimana jika ada warga masyarakat yang gagal melakukan vaksin karena terkendala penyakit tertentu, maka akan ditindaklanjuti oleh team medis di dampingi dokter perusahaan untuk melakukan treatment atau pengobatan kepada warga masyarakat tersebut agar pulih kembali dan bisa melakukan vaksin.

“Selain pengobatan gratis kita juga menyiapkan makanan tambahan untuk peserta vaksin terutama bagi para lansia agar asupan gizi nya cukup dan tidak drop pasca vaksin,” ungkap Taheran kepada blokTuban.com, Kamis (11/11/2021).

Terpisah, Kepala Desa Purworejo, Muksamiadi berterimakasih kepada TPPI yang sudah sering membantu masyarakat Purworejo. Perhatian dan dukungan dari perusahaan itu sangat membantu keberlangsungan program vaksin yang ada di desa Purworejo

Satu-satunya perusahaan yang masih perhatian terhadap masyarakat sampai saat ini cuma PT TPPI Tuban. Kades berharap para pelaku industri bisa meniru upaya TPPI dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Tuban.

“Kolaborasi antara Pemerintah dan TPPI semoga terus berlanjut,” harapnya.

Muksamiadi bersyukur karena vaksinasi di Balai Desa Purworejo dapat dihadiri langsung pejabat daerah seperti Sekda Tuban, Budi Wiyana, Kapolres Tuban, AKBP Darman, dan Kepala Dinas Kesehatan, Bambang Priyo Utomo.

Camat Jenu Moh Maftuchin Riza, menambahkan kolaborasi dan sinergi yang dilakukan perusahan terhadap kegiatan pemerintah utamanya vaksinasi ini perlu di contoh perusahaan yang ada di wilayah kecamatan Jenu. Sementara kolaborasi berlangsung parsial, akan tetapi TPPI berkomitmen terhadap ring di sekitar kilang.

"TPPI tadi menyediakan pengobatan gratis terhadap warga yang tidak lolos screening vaksinasi. Diberikan obat gratis untuk mengobati sakit yang menyebabkan tidak lolos screening, seperti hipertensi diberi obat hipertensi, sakit yang lain di beri obat sesuai sakitnya dan harapannya kedepan bisa mengikuti vaksinasi," kata Camat.

Ia berpesan kolaborasi adalah kunci suksesnya vaksinasi di Kabupaten Tuban yang saat ini masih dalam level 3 PPKM. Minimal pelaku usaha bisa melakukan hal yang sama dengan TPPI, atau lebih dari itu semakin baik. [ali/sas]