DCemara Cafe Hadir Tunjukkan Potensi Keindahan Pantai Tuban

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melepas segala kepenatan. Sebagian orang mungkin menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke tempat wisata, dan sebagiannya lagi menghabiskannya hanya dengan bersantai ataupun bercengkerama dengan beberapa teman dan keluarga.

Di Kabupaten Tuban, terdapat sebuah kafe yang bisa direkomendasikan untuk menghabiskan akhir pekan. Selain bisa bersantai dan bercengkerama, di café tersebut juga menyajikan pemandangan tepi laut utara yang indah sekaligus bisa berwisata di kawasan pantainya.

Kafe tersebut adalah DCemara Resto Café & Event Venue. Sesuai dengan namanya, lokasi cafe persisnya berada di kawasan pantai cemara, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban (Patung kuda masuk ke arah pantai).

Bagas Dimas Putra selaku General Manager dari DCemara mengatakan bahwa tujuan awal pemilihan lokasi di pantai cemara adalah untuk meningkatkan potensi pantai Tuban yang sekiranya tidak terlalu banyak dikunjungi.

“Kita ingin menunjukkan movement bahwa pantai yang sering dianggap kotor, dan masih belum layak dijadikan sebagai tempat wisata ini ternyata memiliki potensi yang bagus, yang pantainya bisa bersih dari sampah,” jelas Bagas ketika ditemui blokTuban.com, Minggu (7/11/2021) di cafenya.

Sebelum adanya kafe tersebut, Bagas bercerita bahwa lokasinya memang masih banyak sampah dan semak- semak belukar karena dulunya adalah tempat yang tidak terpakai. “Kita sendiri setiap harinya rutin membersihkan area pantai sini dari sampah-sampah, meskipun nggak bisa bersih banget soalnya sampah tersebut bawaan yang nggak bisa kita kontrol, jadi ada terus setiap hari,” imbuhnya.

Ia menambahkan, DCemara juga beberapa kali berkolaborasi dengan komunitas yang ada di Tuban untuk sama-sama aware dan paham terhadap potensi yang ada agar terus dijaga.

Kafé DCemara secara operasional sudah buka selama enam bulan, kurang lebih sejak Bulan Juni 2021. Meskipun sempat terkendala adanya PPKM saat baru mulai beroperasi, DCemara sudah cukup dikenal dan ramai dikunjungi dari pertama kali buka.

“Dulu sempat tutup sebentar saat PPKM, untuk sekarang karena crew sudah divaksinasi dan cakupan vaksin di Tuban juga sudah tinggi, jadi Alhamdulillah cafe sudah beroperasi secara normal,” ungkapnya.

DCemara dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB ketika weekend, sedangkan ketika weekdays mulai pukul 11.00 WIB sampai 20.30 WIB. Selain menargetkan masyarakat Kabupaten Tuban, DCemara juga menyasar pada masyarakat di luar daerah Tuban yang sekiranya tidak memiliki area pantai untuk mencoba berkunjung ke Dcemara menikmati pemandangan pantai sekaligus mencicipi kuliner khas milik café tersebut.

“Istilahnya kita ingin mengenalkan potensi yang dipunyai Tuban ke orang dari luar daerah,” paparnya.

Menu-menu yang disediakan DCemara juga beragam, mulai dari makanan ringan, makanan berat, dan segala jenis minuman. Di sana juga terdapat paket makan untuk keluarga, sehingga cafe tersebut tidak terkesan untuk anak-anak muda saja, melainkan dari berbagai kalangan.

“Maka dari itu jenis makanan kita macam-macam, ada rice bowl yang mulai Rp20 ribu per porsi, seafood, hingga paket keluarga. Sedangkan untuk menu signature sendiri kita ada tongseng iga kambing, dan iga sapi,” jelasnya.

Bagas menambahkan kedua menu signature tersebut dipilih agar bisa lebih diingat oleh orang-orang dan menjadi ciri khas DCemara karena menurutnya, di Tuban sendiri sudah banyak seafood sehingga ingin menonjolkan menu yang lain.

Lokasi kafe yang berada di kawasan wisata pantai cemara, serta mengusung konsep indoor outdoor ini menjadikan DCemara sebagai tempat yang fungsional. DCemara juga sudah sering dipilih sebagai tempat untuk merayakan event-event, seperti birthday party, lamaran, maupun pernikahan.

“Digunakan sebagai tempat meeting juga sering. Di sini kalau untuk acara-acara yang tidak terlalu besar seperti meeting, birthday party, dan lamaran tidak diberi charge tempat, melainkan hanya minimal order per pax,” terangnya.

Ia melanjutkan, misalnya untuk event lamaran, minimal order pesanan adalah 60 dan sudah diberikan waktu sewa tempat tiga jam secara gratis serta dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada.

DCemara juga menyiapkan bundling untuk berbagai macam acara, sehingga sudah bekerja sama dengan vendor, makeup, fotographer, dan dekor. Hal tersebut juga merupakan salah satu daya tarik lain dari DCemara Resto Café & Event Venue.

“Jadi, semisal ada klien yang datang ke sini sudah tersedia semuanya, hanya tinggal memilih sesuai dengan budget mereka,” tutupnya. [din/col]