Kapolda Jatim Ungkap Penyebab Perahu Tenggelam Karena Arus Sungai Deras

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta mengungkapkan penyebab tenggelamnya perahu tambangan yang menyeberangkan belasan penumpang di sungai Bengawan Solo Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban-Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Menurut Kapolda, berdasarkan hasil Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan dari keterangan beberapa warga yang melihat, peristiwa itu terjadi dikarenakan arus sungai sangat deras.

"Penyebabnya adalah arus sungai yang sangat deras, kemudian perahu itu melintasi arus tersebut sehingga dengan arus yang kuat itu perahu terbalik," terang Kapolda, Irjen Pol Nico Afinta, Kamis (4/11/2021).

Kapolda juga menyampaikan, dimungkinkan belasan penumpang perahu itu diantaranya tidak bisa berenang sehingga hanyut. Sedangkan, sebagian penumpang lainya telah berhasil dilakukan pertolongan.

"Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah turut membantu, sehingga beberapa korban bisa diselamatkan," jelasnya.

Sebatas diketahui, perahu tambangan seberang Kecamatan Rengel-Kecamatan Kanor tenggelam saat mengantarkan sejumlah warga dari Kecamatan Rengel menuju Kecamatan Kanor-Bojonegoro, Rabu (3/11/2021).

Musibah yang terjadi sekitar pukul 09.30 WIB ini, menghebohkan banyak warga desa sekitar Bengawan Solo turut Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel.[hud/sas]