Kejar Kekebalan Kelompok, Penghuni Terminal Wisata Kebonsari Tuban Divaksin

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Penghuni Terminal Wisata Kebonsari, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban divaksin oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Tampak ratusan abang becak yang biasa mangkal menunggu penumpang ikut mengantre vaksin.

 

Tak hanya menyasar abang tukang becak saja, pedagang kaki lima serta kios di lingkungan wisata juga ikut disuntik supaya lebih kebal terhadap virus Covid-19. Termasuk pula masyarakat umum di Kabupaten Tuban.

 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban, Gunadi menyampaikan, kegiatan vaksinasi tersebut hasil kerjasama dengan Forkopimca Tuban serta kelurahan kebonsari dan Kutorejo.

 

Pelaksanaan vaksinasi di terminal wisata tersebut dilatar belakangi karena masih cukup banyak abang tukang becak dan pedagang yang belum di vaksin. Sehingga untuk menarik minat mereka, vaksinasi dilaksanakan di terminal wisata untuk memudahkan vaksinasi.

 

"Kalau vaksin di tempat lain abang becak merasa kejauhan. Jadi ini kita buka vaksinasi di terminal wisata agar dekat dan mereka tetap bisa bekerja," ujar Gunadi, Minggu (24/10/2021).

 

Mantan Sekretaris Dishub itu menargetkan seluruh komunitas becak dan pedagang sudah tervaksin dosis 1 dan dosis 2. Sehingga ke depan di Terminal Wisata Kebonsari bisa diterapkan aplikasi Peduli Lindungi.

 

"Targetnya seluruhnya ya tervaksin. Jadi nanti bisa segera diterapkan syarat aplikasi peduli lindungi di kawasan wisata Sunan Bonang," jelas Ketua ISSI Tuban.

 

Sementara itu, Sekretaris Camat Tuban, Lusiana menambahkan jika vaksinasi hari ini menyasar masyarakat umum, khususnya bagi warga kelurahan Kebonsari, Kutorejo dan komunitas becak maupun pedagang di terminal wisata.

 

"Alhamdulillah banyak yang antusias. Dan kita juga terus memantau agar Prokes tetap dilaksanakan dengan ketat," katanya.

 

Kali ini penyelenggara menyediakan 300 dosis vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca. Selain itu juga disediakan stok 100 vaksin untuk tambahan.

 

Tak lupa, Lusiana juga berpesan kepada peserta vaksin untuk tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan mulai memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak aman saat berkumpul dengan banyak orang. Vaksinasi dan taat Prokes adalah kunci untuk melawan corona.

 

"Kita sediakan 300 dosis. Nanti kalau habis ada tambahan stok 100 dosis lagi dari Puskesmas Kebonsari," tandasnya. [ali/col]