Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Hewan jinak satu ini sangat digemari oleh masyarakat luas dipenjuru dunia. Selain karena menggemaskan, kucing juga dinilai mampu menghilangkan stress pemiliknya.

Namun, rupanya memelihara seekor kucing tidak segampang yang dibayangkan, butuh ketelatenan dan juga perhatian yang lebih untuk merawatnya.

Karena kucing adalah makhluk hidup yang terus berkembang biak.

Saat ditemui oleh blokTuban.com dikediamannya, Arbaun (24) salah satu pemuda yang memiliki bisnis jual beli kucing yang diberi nama Haston Bae Ta, membeberkan beberapa penyakit yang sering menyerang hewan lucu satu ini.

Arbaun membagi jenis penyakit kucing menjadi tiga bagian yaitu biasa, sedang, dan juga berat. Penyakit biasa yang dialami oleh kucing seperti bulu rontok, dehidrasi, dan tidak selera makan.

"Biasanya kalau nggak selera makan minta selingan pakan lain, tapi kalau nggak cocok bisa mencret,” ucapnya pada Sabtu (25/09/2021).

Lelaki ramah tersebut juga mengatakan bahwa bulu rontok yang dialami oleh kucing disebabkan karena terdapat kutu di dalam bulu dan juga tidak cocok dengan makanannya.

“Kalau masalah bulu rontok gitu kebanyakan dikasih vitamin kulit, misal minyak ikan atau nature e juga bisa,” ungkapnya menjelaskan.

Kemudian untuk penyakit sedang yang dialami kucing meliputi flu, panas, sariawan, congean, mogok makan, cacingan hingga kutuan.

Sedangkan untuk penyakit kucing yang berat adalah scabies, jamur, dan ketombean. Scabies sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi tungau sarcoptes scabei dan penyakit ini bisa menular.

“Untuk penyakit sedang sampai berat biasanya langsung saya bawa ke dokter hewan,” tuturnya.

Jadi bagi kalian pecinta kucing harus bisa mengetahui cara merawat dan juga jenis-jenis penyakit yang ada pada hewan kesayangan kalian tersebut. [sav/lis]