20:00 . Pemuda Ini Benjol-Benjol Usai Dikeroyok Sekelompok Orang Tak Dikenal   |   19:00 . Warna Hijab Paling Banyak Diminati Remaja, Bikin Kulit Terlihat Lebih Cerah!   |   18:00 . Laris Manis, Aneka Jajanan Murmer Beromzet Ratusan Ribu per Hari   |   09:00 . Rahasia Bisnis Kue Dumbeg Bertahan hingga Tiga Generasi   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   18:00 . Penyuluh Agama Kecamatan Widang Lakukan Gibas Buluh   |   17:00 . Bermodalkan Rp200 Ribu, Pengusaha Kue Ini Beromzet Jutaan   |   13:00 . ORTN BRIN Bersama Anggota DPR RI Bantu Petani Tuban Benih Padi Varietas Inpari Sidenuk   |   12:00 . Bantu Herd Immunity, Wihadi dan Kader Gerindra Tuban Turun Gunung Gelar Vaksinasi   |   09:00 . Jago Bisnis Desain dan Ilustrasi, Pemuda Tuban Diundang ke Wakatobi Ilustrasikan Aset Budaya   |   08:00 . Perempuan Desa Klotok Ini Hasilkan Cuan dari Merajut   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   21:00 . Gemar Buat Kue, Kini Fudgy Brownies Dapur Aga Hadir Di Tuban   |   20:00 . Sate Korea Mr. Baek, Santapan Nikmat Harga Bersahabat   |   18:00 . Baju Bekas Kembali Digemari Jadi Peluang Usaha di Tengah Pandemi   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Riyadi Harapkan BUMD Terlibat Pembenihan Jagung Hibrida Tuban

bloktuban.com | Monday, 20 September 2021 17:00

Riyadi Harapkan BUMD Terlibat Pembenihan Jagung Hibrida Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban sebagai daerah pengekspor benih jagung hibrida pertama ke luar negeri dengan sasaran Negara Thailand pada akhir 2020 lalu terus memperluas cakupan area produksi. Benih jagung hibrida yang diekspor kala itu 1.000 ton varietas JH37 dan Rk 457.

Dalam proses pembenihan jagung kedepannya, Wakil Bupati Tuban, Riyadi berharap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki Pemerintah Daerah terlibat. Tujuannya tak lain untuk menggenjot pundi-pundi kas daerah.

"Kami ingin BUMD terlibat di pembenihan jagung hibrida yang kini dikembangkan di Tuban selatan," ujar Riyadi kepada reporter blokTuban.com di ruang kerjanya, Senin (20/9/2021).

Riyadi yang sebelumnya sebagai Kades Maibit Kecamatan Rengel menilai penanaman jagung hibrida sangat membantu perekonomian petani. Saat ini petani dapat menjual bibit jagung, dan hasilnya bisa untung dua kali lipat.

Misalnya petani di Kecamatan Senori yang  sukses kembangkan jagung benih hibrida Rk457 hasil replikasi dari program serupa di Kecamatan Jatirogo. Benih jagung ditanam petani di kawasan persawahan tadah hujan. Didampingi oleh Dinas Pertanian dan hasil panennya dibeli langsung PT TWINN untuk diproses dan dipasarkan menjadi benih jagung di Tuban.

Petani dengan menanam jagung benih hibrida dinilai lebih untung, karena petani akan untung dua kali lipat dibanding menanam jagung konsumsi. Jagung biasa hasil panen kering gelondong (tongkol kering) dibeli kisaran harga Rp. 2,500/Kg, sedangkan jagung hibrida harga jualnya Rp. 5,000/Kg.

Diberitakan sebelumnya, perusahaan pembeli benih jagung hasil petani Tuban, Direktur PT TWINN, Rakimin menjelaskan pengembangan benih jagung hibrida di Tuban telah dimulai tahun 2019. “Ini adalah hasil rakitan putra bangsa. Kedepan akan kita tingkatkan untuk prosesing pembenihan sampai pembenihan di Tuban. Jadi dari Tuban untuk Tuban. Kita kembangkan di Kenduruan,” ungkapnya.

PT TWINN memiliki kapasitas produksi benih jagung sebanyak 2,500 ton/tahun. Sedangkan dari Tuban mampu menghasilkan 1,000 ton/tahun. Sedangkan potensi luas lahan Tuban untuk tanaman jagung sebanyak 12,000 hektar.

“Jika diambil 2,000 hektar hasilnya bisa 4,000 ton/tahun, atau setara sekitar Rp40 miliar/tahun,” tandasnya. [ali/sas]

Tag : jagung, hibrida, bumd, rengel, tuban, wabup, riyadi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more