Potensi Pantai Gerdu Laut Tuban, dari Kerang dan Tempat Nongkrong

Reporter: Elma Yuliana

blokTuban.com – Kabupaten Tuban memiliki garis pantai sepanjang 65 Kilometer, membentang dari Kecamatan Palang hingga Bancar. Ada banyak potensi di kawasan pesisir Tuban ini, salah satunya di kawasan Kota.

Kawasan pantai yang ada di Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban sering juga disebut dengan pantai Gerdu Laut. Pantai yang berada di utara Pulau Jawa ini juga sangat digemari pejalan atau masyarakat sekitar kota, Selasa (14/9/2021).

Dilalui Jalan RE. Matadinata pantura Tuban-Semarang, pantai ini memiliki nilai lebih karena berhadapan langsung dengan klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Pantai Kawasan ini dapat dinikmati kapan saja dan setiap saat di saat suntuk maupun senang.

Pantai gerdu laut free tidak ada tarikan biaya untuk menikmatinya. Sangat indah dinikmati saat senja maupun fajar dengan ombak yang kecil dan pemandangan langit yang membuat hati dan fikiran menjadi rileks dengan semua permasalahan yang ada. Cocok juga untuk bernongki karena banyak pedagang kaki lima sehingga tidak terlalu menguras kantong sudah bisa menikmati keindahan alam.

“Suasanannya enak, ketika saya suntuk mengerjakan skripsi selalu kesini di sore hari karena udaranya yang segar indah dan bisa meihat sunset membuat pikiran saya tenang” kata Debila warga asli Tuban yang menikmati pantai gerdu laut.

Banyaknya kerang dan juga remis yang dijumpai sehingga tidak heran jika warga setempat banyak yang memburunya. Pada era 1990-an pantai ini masih banyak ditemukan berbagai macam kerang dan bisa dikonsumsi maupun dijual oleh warga setempat.

“Dulu pantainya sedikit tidak terawat dan banyak sampah, tetapi sekarang sudah bisa menjaga lingkungan sehingga terlihat bersih dan asri”, imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Tuban melakukan kerja bakti setiap Jumat agar menjaga kebersihan Kota Tuban, sehingga saat ini pantai gerdu laut selalu tampak bersih dan indah.

“Pada malam hari biasanya lebih ramai, dipadati kawula muda yang gemar ngopi di tepi pantai”, tutupnya. [elma/sas]