Makan Roti di Tuban Bisa Bayar Pakai Follower Sosial Media 

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Bukan hanya sekedar untuk bersosialisasi dengan teman di dunia maya, kini sosial media bisa memberi keuntungan kepada penggunanya. Bagi selebgram yang memiliki jumlah follower banyak, tentunya mendapat materi lebih salah satunya dari sponsor/pengiklan. 

Atas dasar itulah, salah satu toko roti di Jalan Lukman Hakim Kabupaten Tuban memanfaatkan peluang dengan membuka promo selama bulan September 2021. Promo ini sangat menguntungkan bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan uang di tengah pandemi Covid-19. 

"Kalau tidak punya uang, kalian bisa membayar dengan 1000 follower sosial media," kata Pemilik Outlet Roti Gembong Gamon Tuban, Solikin Faisol kepada reporter blokTuban.com, Rabu (1/9/2021). 

Cak Sol biasa disapa menambahkan, cara marketing semacam ini karena ia paham betul saat pandemi ini banyak yang tidak punya uang, tapi hampir setiap orang punya follower sosial media. Jadi agar mereka masih mampu membeli roti gembong Gamon,maka boleh membayar pakai follower. 

Di outlet Roti Gembong Gamon ada beragam varian rasa seperti Greentea, abon mayo, susu keju, strawbery, coklat dan almond. Adapun harganya cukup terjangkau kisaran Rp10.000 hingga Rp19.000. 

Roti Gembong Gamon Tuban adalah kuliner Khas Kalimantan Timur. Roti gembong adalah salah satu bisnis kuliner yang kini sedang viral di tanah air, terutama di kota asal-nya Kalimantan Timur. 

Prospek bisnisnya pun cukup menjanjikan, mengingat belum banyak pelaku usaha yang menjalankannya. Sehingga peluang untuk mendapat keuntungan berlipat dari bisnis ini masih terbuka lebar, karena baru terdapat di beberapa kota di Kaltim saja. 

Namun sebelum itu, agar bisnis roti gembong yang akan dirintis bisa berjalan sesuai rencana, ada baik-nya untuk mengetahui asal usul camilan mengeyangkan ini. Roti gembong merupakan salah satu kuliner asli dari kota Kutai Kartanegara yang memiliki tekstur lembut dengan rasa manis gurih yang khas. 

Sekilas citarasa-nya mirip dengan roti tawar. Karena kelezatan yang dimiliki-nya, sejak tahun 80-an roti ini sering dan telah menjadi makanan favorit para bangsawan era raja-raja Kutai. Dan kini menjadi makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat tanah air dan para wisatawan asing. 

"Tidak hanya menikmati keindahan alam dan sejumlah destinasi wisata menarik di Kutai, konon para pengunjung juga akan dimanjakan dengan kenikmatan warisan kuliner khas nusantara. Dan salah satu-nya adalah roti gembong, makanan para bangsawan dan raja-raja terdahulu," imbuhnya. 

Tak hanya di Indonesia, promo serupa pada tahun 2018 telah dipakai di sebuah restoran di Porta Venezia, Milan, Italia, menyelenggarakan promo menarik untuk para pengunjungnya yang memiliki akun Instagram. 

Diberitakan suara.com, mereka bisa menyantap aneka menu makanan dan minuman secara cuma-cuma hanya dengan mengumpulkan banyak likes di unggahan mereka di Instagram. [ali/ono]