23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kebersihan dan Ketertiban Tuban Kota Dibebankan Semua OPD dan BUMD

bloktuban.com | Friday, 27 August 2021 13:00

Kebersihan dan Ketertiban Tuban Kota Dibebankan Semua OPD dan BUMD

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Tugas menjaga kebersihan di wilayah perkotaan sekarang tidak cukup ditangani dinas tertentu saja. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Kabupaten Tuban memiliki tugas yang sama yaitu menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban sesuai zonasi.

Tugas baru tersebut diatur dalam surat edaran nomor 660/4845/414.116/2021 yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana tertanggal 19 Agustus 2021.

Dalam suratnya, Budi Wiyana menjelaskam bahwa pembagian zonasi bertujuan mengoptimalkan tugas menjaga kebersihan di wilayah perkotaan di Tuban. Pembagian dan peta zonas telah ditentukan dan berlaku pada Jumat (27/8/2021) pagi.

Ada Standart Operasional Prosedur (SOP) yang menjadi acuan setiap OPD maupun BUMD. Seperti OPD penanggungjawab jalan secara konsisten melakukan pemeliharaan kebersihan, keindahan, an ketertiban di zona yang menjadi tanggungjawabnya.

Apabila terjadi gangguan terhadap kebersihan, keindahan, dan ketertiban maka OPD penanggungjawab zona segera menindaklanjuti sesuai kemampuannya sendiri, dan jika dirasa tidak mampu untuk koordinasi dengan koordinator sesuai permasalahan yang terjadi.

OPD maupun BUMD juga ditugasi rutin memantau dan survei ke zona yang ada gangguan atau wilayah. Selain koordinasi juga menyiapkan sumber daya manusia penanganan. Setelah menyampaikan hasil penanganan, juga memberikan feedback penanganan kepada OPD penanggungjawab zona.

"Prinsip koordinasi dan kolaborasi harus dilakukan. Tidak menunggu permasalahan muncul baru ditangani," pesan Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tuban, Arif Handoyo membenarkan bahwa setiap jalan protokol di wilayah perkotaan menjadi tugas bersama OPD dan BUMD terkait dengan kebersihan, keindahan, dan ketertibannya.

"Jadi ada pembagian zonasi optimalisasi  kebersihan dan keindahan dan ketertiban yg dilakukan oleh semua organisasi perangkat daerah," sambung pria yang juga menjadi Plt Kabag Hukum Pemkab Tuban.

Pantauan di lokasi, seperti pimpinan dan seluruh karyawan Dinskominfo mendapat tugas bersih-bersih di sepanjang Jalan Lukman Hakim hingga Pemuda. Begitu pula OPD dan BUMD lainnya, mereka bekerja di zona yang telah ditentukan. [ali/mu]

Tag : tuban, keindahan dan kebersihan tuban, tuban kota



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat