Sehari, 111 Pasien Covid-19 Sembuh

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tingkat kesembuhan kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban menunjukkan tren membaik. Hari ini tanggal 6 Agustus 2021, Dinas Kesehatan Tuban melaporkan ada 111 pasien yang sembuh.

Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan jumlah kesembuhan hari ini lebih tinggi dari kasus baru dengan jumlah 78 kasus. Begitupula dengan angka kematian dalam sehari terlaporkan lima orang meninggal dunia karena terpapar virus corona.

"Ada 111 pasien sembuh hari ini. Semoga tren baik ini terus meningkat," ucap Bambang kepada blokTuban.com, Jumat (6/8/2021).

Saat ini Kabupaten Tuban masuk dalam kebijakan PPKM level 3 dan berstatus zona orange atau tingkat sebaran corona sedang.

Untuk jumlah total kumulatif Covid-19 hari ini pukul 12.00 Wib, konfirmasi 6662 orang, konfirmasi sembuh 5421 orang, konfirmasi meninggal 873 orang dan konfirmasi dirawat atau dipantau masih 368 orang.

"Pasien yang dirawat tersebar di RSUD Koesma 53 orang, RSNU 19 orang, RS Medika 14 orang, RSAM 12 orang, RSMT 6 orang, RS Luar Tuban 95 orang dan Isoter 169 orang," imbuh mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo.

Sehari sebelumnya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky juga menegaskan, kondisi ruang isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk pasien terinfeksi Covid-19 kini masih tersedia dan tidak lagi penuh. 

Hal itu terjadi seiring kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban yang terus melandai.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengimbau kepada para Pemerintah Desa (Pemdes) agar memaksimalkan pemanfaatan ruang isolasi yang ada di desa.

"Untuk sekarang, kondisi TT (tempat tidur) di ruang isolasi di rumah sakit tidak lagi penuh. Karena kami telah memberikan imbauan kepada pemerintah desa kalau mayarakat itu terjangkitnya masih sedang atau ringan saya harap diisolasi di desa, itu lebih efektif dan efisien, sehingga di rumah sakit hanya menangani masyarakat yang terjangkit dengan kondisi berat," tandas Bupati Lindra.

Selama kebijakan PPKM Level 3, Satgas Covid-19 terus mengedukasi masyarakat untuk terus disiplin protokol kesehatan 3M. Dilain sisi, vaksinasi dan penyaluran bantuan sosial terus dilakukan di 20 kecamatan. [ali/col]