Tekan Mobilitas Warga di Malam Hari, Satgas Tempuh Cara Padamkan Lampu Jalan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berbagai cara dan skenario ditempuh Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tuban.  Di antaranya dengan memadamkan lampu jalan hingga ditingkat kecamatan.

Wakil Ketua I Satgas Covid-19, Letkol Inf. Viliala Romadhon mengatakan menekan mobilitas di malam hari merupakan salah satu ikhitiar yang ditempuh Satgas untuk mengurangi penyebaran virus corona. Pertimbangannya aktifitas/mobilitas di atas pukul 20.00 Wib dinilai tidak krusial dan esensial untuk dilakukan.

"Terlepas itu jam makan malam dan istirahat. Mobilitas warga kami tekan dan di wilayah Kota cukup efektif, tapi warga di berbagai kecamatan di Tuban masih terpantau bandel," kata Dandim 0811 Tuban kepada blokTuban.com setelah peninjauan vaksinasi keliling di TITD Klenteng Kwan Shing Bio Tuban, Kamis (15/7/2021).

Romadhon memastikan dalam skenario pembatasan mobilitas masyarakat tidak semua lampu jalan dipadamkan. Seperti contoh tempat krusial yang berpotensi menjadi ajang anak-anak nakal akan tetap dinyalakan.

Di lain sisi, keselamatan pengguna jalan juga tetap menjadi prioritas dan resiko tersebut telah dipikirkan oleh Polres dan Dinas Perhubungan Tuban. Pantauan Satgas bahwa pemadaman lampu beberapa hari terakhir dinilai cukup efektif mengurangi mobilitas di masyarakat umum.

"Dalam aturan PPKM Darurat dilarang ada kerumunan bahkan lebih dari tiga orang akan dibubarkan apalagi tongkrongan yang tidak krusial dan esensial," imbuhnya.

Pemadaman lampu di malam hari juga diakui ada resiko meningkatnya angka kriminalitas seperti maling dan lain sebagainya. Upaya antisipasi TNI, Polri dan unsur terkait akan rutin berpatroli untuk menjaga wilayahnya masing-masing.

Dari hari ke hari, Satgas Covid-19 telah mengevaluasi bahwa masyarakat telah sadar dan mematuhi aturan PPKM Darurat. Meskipun masih ada beberapa oknum yang bandel dan 80 persen kalangan anak-anak muda.

"Saat ini Tuban zona merah, selain PPKM Darurat untuk menekan mobilitas warga juga didorong percepatan vaksinasi untuk masyarakat umum," tandasnya. [ali/ono]