Direktur RSUD Tuban Paparkan Gejala-gejala Terinfeksi Covid Varian Delta

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Kabupaten Tuban, dr. Syaiful Hadi memaparkan beberapa gejala yang dialami seseorang jika terinfeksi Covid-19 Varian Delta atau B.1.617.2.

Paparan gejala-gejala yang dialami apabila terinfeksi Covid-19 varian Delta itu disampaikan oleh dr Syaiful Hadi disebuah video pendek, yang dikirim melalui Whatsapp Group (WAG) sebagai bentuk penyuluhan dan imbauan kepada masyarakat, Minggu (4/7/2021).

Dengan menggunakan bahasa jawa, diawal video itu dr Syaiful Hadi mengatakan, video ini dibuat untuk memberikan penyuluhan dan semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

"Covid-19 varian baru ini perkembangannya cukup pesat. Bahkan, pandemi gelombang kedua ini mengakibatkan banyak rumah sakit-rumah sakit penuh," terang dr. Syaiful yang juga Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban tersebut.

Dia juga menyampaikan beberapa gejala yang dialami apabila terinfeksi Covid-19 varian Delta, di antarannya: perut mual (Sebah), badan pegal linu dan lemas, badan meriang, mulut terasa pahit, hidung agak tersumbat, pusing, batuk jarang-jarang atau sering serta sesak napas.

"Minimal jika ada 4 tanda diatas sudah itu sudah merupakan gejala Covid varian Delta," jelas dokter Syaiful.

Oleh karena itu, dia berpesan agar masyarakat selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) 3 M+2M, yakni Menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun, serta Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan serta Membatasi bepergian.

Lebih lanjut, dalam video itu dia juga membagikan tips terapi awal apabila mengalami gejala-gejala terinfeksi Covid-19 varian Delta.[hud/ono]