15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peserta Tradisi Dusdusan di Gesikharjo Diberi Masker Polisi

bloktuban.com | Thursday, 20 May 2021 09:00

Peserta Tradisi Dusdusan di Gesikharjo Diberi Masker Polisi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tradisi mandi bersama atau dusdusan di Pantai Desa Gesikharjo dipantau oleh petugas Polsek Palang, Kabupaten Tuban, Kamis (20/5/2021).

Polisi telah standby di lokasi sebelum warga berdatangan sekitar pukul 06.45 Wib. Kapolsek Palang, AKP Simon Triyono bersama anggotanya terjun langsung dan membantu warga yang hendak menyeberang karena arus lalu lintas di Jalan Daendels padat.

Satu persatu warga dari berbagai usia mulai balita hingga lansia memadati kawasan pantai Asmoroqondi Gesikharjo. Mereka menceburkan diri secara bersama-sama. Ada juga yang hanya bermain pasir bagi perempuan yang sedang berhalangan.

Himbauan menggunakan pengeras suara dilakukan oleh polisi. Isinya untuk waspada dan hati-hati saat dusdusan. Khususnya orang tua untuk terus mengawasi buah hatinya yang bermain air maupun pasir.

"Pagi ini petugas memantau agenda mandi bersama dan kami ingatkan dalam menjalankan tradisi untuk tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19," ujar Kapolsek Simon kepada reporter blokTuban.com.

Simon mengingatkan kepada warga Gesikharjo dan sekitarnya untuk tidak meremehkan virus corona, karena wabah ini ada dan harus dicegah bersama-sama. Diharapkan dengan mentaati prokes, tradisi tahunan yang digelar setiap H+7 Hari Raya Idul Fitri 1442 H tidak menjadi kluster penularan corona.

Selain itu, polisi juga membagikan masker kepada warga yang lupa memakai masker dari rumah. Ada 300 masker yang disiapkan petugas dalam agenda yang berada di penghubung Kabupaten Lamongan - Tuban.

"Pandemi ini masih ada. Mari semuanya selalu mentaati prokes covid-19," sambung mantan Kapolsek Merakurak.

Pantauan di lokasi, sekitar pukul 08.25 Wib keriuhan warga di pantau mulai berkurang. Sekelompok warga ada yang berangsur pulang ke rumah, dan lainnya baru datang dan langsung dusdusan.

Air laut juga terpantau pasang, sehingga orang tua yang mengajak balita atau anak-anaknya lebih memilih ke tepi untuk keamanan bersama.

Salah satu warga Gesikharjo, Heni Oktavitasari (29) mengaku telah mengikuti tradisi dusdusan sejak kecil. Berhenti saat ia kuliah dan kerja di Surabaya, dan baru kembali ikut tiga tahun terakhir.

"Warga percaya dengan menceburkan diri ke laut dapat menghilangkan berbagai penyakit di tubuh dan menjauhkan dari balak atau musibah," sambungnya.

Sebelum mandi bersama para warga berkumpul dan membawa ketupat di Masjid. Setelah sarapan ketupat bersama, tanpa dikomando warga langsung menuju pantai dan menceburkan diri bersama-sama.

Tradisi di Gesikharjo sudah dijalankan masyarakat lokal secara turun temurun. Belum diketahui kapan tradisi itu mulai dijalankan, yang jelas selalu mereka lakukan setiap setahun sekali. [ali/ono]

 

Tag : masker, warga, polsekpalang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more