Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

16 Bulan Perhutani KPH Tuban Kehilangan 131 Pohon

bloktuban.com | Tuesday, 04 May 2021 09:00

16 Bulan Perhutani KPH Tuban Kehilangan 131 Pohon

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban adalah salah satu unit manajemen di wilayah Divisi Regional Jawa Timur. Luas wilayahnya 28.602,5 Ha meliputi kawasan hutan yang berada di Kabupaten Tuban 19.412,4 ha (67,9 %), Lamongan 8.177,7 ha (28,6 %), serta Kabupaten Gresik 1.012,4 ha (3,5 %).

Dari luasan hutan di atas, KPH Tuban tidak bisa terlepas dari praktik pencurian kayu. Tercatat sejak periode Januari 2020-April 2021 atau selama 16 bulan, Perhutani KPH Tuban telah kehilangam 131 pohon diwilayahnya, Selasa (4/5/2021).

"Dari 131 pohon total kerugiannya Rp168 juta," ujar Administratur KPH Tuban, Tulus Budyadi.

Terjadinya pencurian kayu di wilayah KPH Tuban terjadi karena banyak hal. Di antaranya belum seimbangnya jumlah petugas dengan luasan hutan yang diawasi.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Tuban, Tulus mengatakan titik yang rentan terjadi pencurian kayu di BKPH Sundulan punya luas 4.526,4 Ha, meliputi RPH Ngimbang, RPH Sigagak, RPH Kujung, RPH Wangun dan RPH Kepodang.

Sementara viralnya kakek asal Desa Waleran, Kecamatan Grabagan di media sosial, Tulus menyerahkan semuanya ke kepolisian. Ia belum bersedia angkat bicara perihal pencurian kayu di wilayahnya tersebut. Edukasi telah dilakukan oleh mantri hutan di wilayah masing-masing.

"Nanti biar dijelaskan sama polisi saja. Saya berharap bahwa pencurian sebatang kayu hutan tidak dianggap bahwa mencuri dibolehkan dan tidak diproses hukum. Bagaimana jadinya jika sekampung ambil satu-satu kayu di hutan," imbuhnya.

Data dari situs resmi Perhutani, pengelolaan kawasan hutan di KPH Tuban dibagi dua sub, Sub Tuban Barat dan Sub Tuban Timur, diorganisasikan dalam tujuh BKPH dan 32 RPH. Masing-masing RPH punya pelaksana lapangan untuk kegiatan tanaman, pemeliharaan, penjarangan, keamanan, pembantu penyuluh / sosial, pembantu lingkungan, dan tebangan (BKPH). Karyawan KPH Tuban berjumlah 188 orang.

Ketujuh BKPH tersebut adalah BKPH Kerek, BKPH Merakurak, BKPH Jadi, BKPH Plumpang, BKPH Sundulan, BKPH Jompong dan BKPH Kranji. Luas BKPH Kerek adalah 4.472,7 Ha, meliputi wilayah kerja RPH Gaji, RPH Sugihan, RPH Nglonde, RPH Simbatan dan RPH Padasan. BKPH Merakurak memiliki luas 3.882,1 Ha, meliputi RPH Senori, RPH Merakurak, RPH Becok dan RPH Kebonagung.

BKPH Jadi punya luas 4.331,7 Ha, meliputi RPH Jadi, RPH Gesikan, RPH Kareyan, RPH Bogor dan RPH Sambongrejo. BKPH Plumpang punya luas 2.990,0 Ha meliputi RPH Pakah, RPH Ngembes, RPH Suruhan dan RPH Rengel.

Untuk BKPH Jompong memiliki luas 5.787,7 Ha, membawahi RPH Siman, RPH Pambon, RPH Lembor, RPH Gelap, RPH Gampang, dan RPH Dadapan . Dan BKPH Kranji mempunyai luas 2.701,9 Ha, meliputi RPH Kranji, RPH Solokuro, dan RPH Panceng. Selain itu, wilayah KPH Tuban juga meliputi alur seluas 157,3 Ha. [ali/ono] 

 

Tag : kayu, perhutani, pencuriankayu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini