18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gomang Menjadi Damar Jati, Sudah Diramalkan Sejak Dulu

bloktuban.com | Friday, 23 April 2021 08:00

Gomang Menjadi Damar Jati, Sudah Diramalkan Sejak Dulu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Gomang merupakan salah satu nama dusun di Desa Laju Lor, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Di wilayah ini sejak tahun 1977 sudah berdiri pondok pesantren Nurussalam dan Wali Songo Gomang.

Sebelum Islam masuk ke Gomang, masyarakat setempat memiliki sebuah kepercayaan kejawen kuno. Yakni Sapto Darmo aliran penyembah matahari dan sembahyang menghadap ke timur.

Informasi ini dibenarkan oleh K.H. RM Abraham Naja Mangku Negara alah satu pengasuh Ponpes Nurussalam Wali Songo. Sesepuh atau kiai aliran Sapto Darmo yang ada di Kabupaten Blora sudah memprediksi bahwa Gomang suatu saat akan menjadi damar jati. Artinya sebuah permukiman yang banyak ditumbuhi pohon jati, namun ramai penduduknya.

“Sok ben Gomang bakal dadi damar jati, lamun ono jago liring kuning soko kidul wetan utowo jago ireng galih soko kidul kulon,” ujar Gus Naja kepada reporter blokTuban.com, Jumat (23/4/2021).

Waktu itu pertama memang yang dikirim Kiai Sarbini jago liring kuning dari Nganjuk, dengan ciri-ciri orangnya berkulit putih dari arah selatan timur. Utusan ini saat memasuki Gomang belum berhasil.

Dikirimlah beberapa utusan lagi hingga utusan ke sembilan yaitu KH. Nur Nasroh Hadiningrat. Kiai Nasroh ini berasal dari Yogyakarta dan berciri ireng galih, kalau dari Tuban letak asalnya dari selatan barat.

Dengan ciri-ciri yang dimiliki Kiai Nasroh, para masyarakat setempat sudah menduga bahwa utusan ini sesuai dengan ramalan sesepuhnya di Kabupaten Blora. Sekalipun sudah ada ramalan, namun perjuangan menyiarkan islam tidak mudah.

“Puluhan tahun terlewati, alhamdulillah sekarang santrinya banyak pondoknya besar. Sekaligus tidak lepas doa dari Kiai Sarbini yaitu pondok Wali Songo bakal ramai seperti kecamatan,” jelasnya.

Data yang dimiliki Gus Naja, jumlah santri di pondok Gomang putra putri sekitar 700 santri. Di tahun pertama pondok berdiri baru ada tujuh Kepala Keluarga (KK), saat ini sudah berkembang hingga 200 KK.

Pondok Gomang sendiri terletak di areal perbukitan dengan ketinggian 470 meter di atas permukaan laut. Keberadaannya di tengah hutan jati membuatnya nampak asri dan sunyi.

Santri di pesantren ini tidak hanya belajar dan mendalami ilmu agama,  akan tetapi juga belajar untuk mencintai alam dan lingkungan. 

Mereka berasal dari hampir seluruh nusantara dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, termasuk banyak juga mantan narapidana atau penjahat yang hendak bertobat. Di antara yang sudah tobat tetap tinggal di pondok.[ali/ono]

 

Tag : pon dokgomang, damarjati, lajulor, singgahan, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat