(Cek Fakta): Foto Paslon dengan Kancing Baju Mirip Lubang Coblosan

ket foto: foto yang beredar di grup aplikasi Whatssapp

blokTuban.com - Cek Fakta

BERITA  

Beredar informasi di beberapa grup Whatsapp terkait foto surat suara Pilkada 2020 di Tuban. Foto surat suara yang disebar itu berisi permintaan agar para saksi waspada karena kancing baju pada foto wakil salah satu Paslon menyerupai lobang coblosan.

"Tolong diinstruksikan para saksi agar jeli saat penghitungan...itu kancing bajunya cawabup Paslon 02 bisa menipu pandangan. Mirip lubang beksa coblsan. Serius ini...!!!" 

HASIL CEK FAKTA

Penelusuran yang dilakukan blokTuban.com, foto dengan narasi di atas beredar di beberapa grup whatsapp. 

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tuban, M Nur Rokib, memastikan bahwa jenis surat suara yang beredar ini sama dengan surat suara yang dipergunakan warga untuk mencoblos Pilkada 2020 di Tuban hari ini, Rabu (9/12/2020).

"Iya aprpoval (persetujuan) nya seperti itu," kata Rokib.

Tidak hanya di surat suara, foto ini juga dipergunakan di APK yang salah satunya terpajang di depan kantor KPU, Jalan Pramuka, Tuban sejak musim Pilkada sampai saat ini.

Dia menegaskan foto ini bukan berasal dari KPU, tetapi dari Liaison Officer (LO) yang menghubungkan antara KPU dengan para paslon. Foto ini sudah diserahkan di KPU sejak bulan Oktober 2020 kemarin.

Komisioner Bawaslu Tuban, Ulil Abror, membenarkan keberadaan foto ini dalam surat suara. Sampai saat ini belum ada laporan yang masuk ke Bawaslu.

Meski begitu, dia mengingatkan kalau semua foto Paslon yang ada di surat suara sudah melalui proses approval yang melibatkan banyak pihak seperti KPU, Bawaslu, stakeholder terkait, dan para pasangan calon yang menjadi peserta Pilkada 2020 Tuban.

"Foto itu sudah melalui proses approval bersama, dan semua pasangan calon juga sudah menyetujui semua foto yang dipergunakan pada surat suara," jelas Ulil.

KESIMPULAN

Foto dengan kancing baju yang dianggap mirip lubang coblosan adalah BENAR.