Tiga Hari Lagi Ruang Bersalin RSUD Ali Mansyur Dibuka, Praktik 3M Digalakkan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat di Kecamatan Jatirogo dan sekitarnya tiga hari lagi dipastikan kembali mendapatkan layanan ruang bersalin di RSUD Ali Mansyur Jatirogo.

Ruangan tersebut dibuka tangal 5 November 2020, setelah ditutup sejak tanggal 28 Oktober 2020.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul K. menekankan praktik 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak harus terus digalakkan.

Setelah ada empat paramedis/bidan di RSUD Ali Mansyur terkonfirm virus corona. Bidan yang terpapar kondisinya tanpa gejala, dan sekarang masih menjalani isolasi mandiri.

"Para bidan yang terpapar tanpa gejala," ucap Endah yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban kepada reporter blokTuban.com, Senin (2/11/2020).

Selama ruang perawatan bersalin belum dibuka, Endah telah meminta seluruh warga untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan sekitar, seperti Puskesmas Jatirogo dan Puskesmas Kebonharjo.

Adapun untuk pasien bersalin dengan status darurat atau memerlukan rujukan, akan diarahkan ke rumah sakit umum umum Dr. Koesma Tuban atau rumah sakit swasta lainnya baik di Kabupaten Tuban maupun di kabupaten terdekat.

"Sambil proses tracing berjalan, seluruh karyawan yang berada dalam ruangan dengan ke-4 paramedis tersebut juga melaksanakan karantina," tegasnya.

Diketahui, Kabupaten Tuban sekarang berstatus zona kuning atau resiko rendah terpapar corona. Penerapan protokol kesehatan 3M terbukti efektif menurunkan sebaran virus di kalangan masyarakat. [ali/rom]