19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Arab Saudi Mulai Buka Kembali Umroh, Ini Tahapannya

bloktuban.com | Tuesday, 06 October 2020 17:00

Arab Saudi Mulai Buka Kembali Umroh, Ini Tahapannya Ilustrasi: pakemtours.com

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pemerintah Arab Saudi mulai membuka kembali ibadah umroh mulai 4 Oktober 2020 kemarin. 

Pembukaan kembali ibadah umroh dilakukan setelah tujuh bulan ditangguhkan sejak bulan Maret lalu. Ada tiga tahapan pembukaan umroh, pada tahap pertama mulai tanggal 4 sampai 17 Oktober 2020 pemerintah Arab Saudi mengizinkan warga Arab Saudi dan warga Asing yang berdomisili di Arab Saudi dengan batas kapasitas 30 persen atau 6000 per harinya.

Untuk tahap kedua, pada tanggal 17 sampai 31 Oktober 2020 dengan kuota bertambah menjadi 75 persen atau 15.000 per harinya. 

"Tetap sama, hanya untuk warga Arab Saudi dan warga asing yang berdomisili di Arab Saudi," ujar Kasi Penyelenggara  Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, Selasa (6/10/2020).

Selanjutnya, pada tahap ketiga mulai  tanggal 1 November 2020, pemerintah Arab Saudi mengizinkan warga negara di dalam dan di luar kerajaan untuk menunaikan ibadah umroh. Dengan catatan perkembangan Covid-19 di Negara tersebut sudah berkurang.

 "Nantinya, kementerian kesehatan Arab Saudi akan merilis negara mana yang warganya diperbolehkan untuk menunaikan ibadah umroh,"ujarnya.

Lebih lanjut, menanggapi kabar bahagia tersebut, Kemenag RI mengintruksikan Kemenag yang ada disetiap daerah untuk segera melakukan monitoring pengawasan dan berkoordinasi dengan Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Tuban. 

"Untuk mendata dan memitigasi jemaah yang tertunda berangkat umroh karena kebijakan larangan kemarin," tuturnya. 

Serta melakukan, pemantauan terhadap aktivitas PPIU dan selama masa menunggu kepastian kebijakan pembukaan umroh oleh Arab Saudi. PPIU dapat melakukan aktivitas informasi pemberkatan umroh, namun belum diperbolehkan menerima transaksi pembayaran biaya umroh.

"Sedangkan untuk jemaah umroh yang gagal berangkat dan sudah melunasi biayanya akan menjadi prioritas," tandasnya. [nid/col]



Tag : Umroh, kemenag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat