Koramil Soko Lakukan Penghijauan Bersama di Kendalrejo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka menjaga penghijauan serta kestabilan lingkungan, Koramil Soko 0811/07 Soko bersama Polsek Soko, dan Pemerintah Kecamatan Soko, melakukan tanam pohon di area Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko.

Penanaman pohon yang menyasar desa dekat bantaran sungai Bengawan Solo itu, turut melibatkan pemerintah Desa Kendalrejo beserta para pemuda Karangtaruna. Mereka menanam pohon jenis Jati dan Mahoni di pinggiran jalan desa setempat.

"Penghijauan ini dilakukan untuk mencegah longsor, tahan erosi, penyimpan air, dan menjaga kestabilan udara," ujar Danramil Soko, Kapten Inf Hendy saat dijumpai blokTuban.com disela aktivitasnya menanam pohon, Selasa (21/1/2020).

Ditambahkan Danramil Soko, pada tahun 2020 ini Desa Kendalrejo menjadi desa ke-4 lokasi penghijauan di Kecamatan Soko setelah beberapa waktu lalu giat serupa dilakukan di Desa Glagahsari, Sokosari, dan Desa Pandanagung.

"Kedepan bisa lebih baik. Kalau biasanya banjir terus, bisa diminimalisir. Lebih penting lagi, mencegah polusi udara, meskipun udara disini masih segar," tukas Danramil.

Ada sekitar 300 pohon yang ditanam di sekitar jalan potps desa Kendalrejo. Diantaranya yaitu 200 pohon jenis Mahoni, dan 100 pohon jati. Kedua jenis pohon tersebut dipilih sebab memiliki daya resap air yang baik, juga berdampak pada kestabilan lingkungan.

Kepala Desa (Kades) Kendalrejo, Moh. Sihabuddin mengucapkan banyak terimakasih atas program penghijauan yang menyasar desanya, terlebih kepada Koramil Soko.

"Kaminucapkan terimakasih kepada Koramil Soko untuk program penghijauan yang ada disini, semoga kita bisa terus merawat dan mengambil manfaat dari pohon yang ditanam di Desa Kendalrejo ini," ungkap Kades Kendalrejo. [feb/ito]