82 Anak Ikuti Khitan Massal Haul Sunan Bonang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 82 anak, dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tuban mengikuti khitan massal yang diselenggarakan di Halaman Masjid Astana Sunan Bonang, dalam rangka Haul Sunan Bonang ke-509 tahun 1440 Hijriyah/2018 Masehi.

Kegiatan khitan massal tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan haul Sunan Bonang yang telah berlangsung bertahun-tahun. Bahkan menurut dari keterangan yang dihimpun blokTuban.com, khitanan massal ini telah menjadi agenda paten setiap peringatan haul Sunan Bonang.

Ketua Pengarah Panitia Haul Sunan Bonang, Faisol Rozi mengatakan, kegiatan khitan massal ini sudah menjadi agenda rutin setiap haul Sunan Bonang, dan memang untuk partisipasi dari masyarakat dalam terselenggaranya khitan massal dari tahun ke tahun terus meningkat.

"Alhamdulillah khitan massal haul Sunan Bonang ini diikuti sebanyak 82 anak, dengan rata-rata umur antara 10 hingga 12 tahun," terang Faisol Rozi saat di lokasi khitan massal, Kamis (20/9/2018).

Dia berharap, kedepan berbagai rangkaian kegiatan Haul Sunan Bonang ini partisipasi masyarakat Bumi Wali Tuban terus meningkat termasuk partisipasi khitan massal.

Sementara itu, salah satu orang tua dari peserta khitan massal Jidan (40), mengaku senang bisa mengikutsertakan anaknya pada khitan massal haul Sunan Bonang. Karena memang sang anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas V sudah ingin khitan.

"Senang mas, anak saya bisa ikut khitan massal dalam rangka haul Sunan Bonang, semoga mendapatkan berkah dari sang Wali Allah," kata pria asal Desa Tobo, Kecamatan Merakurak itu.

Lebih lanjut, bapak dari Muhammad Fausa (10) itu juga berharap kedepan anaknya menjadi anak yang saleh, berbakti kepada kedua orang tua serta berguna bagi nusa dan bangsa. [hud/rom]