Kuatkan Potensi, Nelayan dan Kartar Simo Gelar Lomba Dayung Perahu

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah warga masyarakat sekitar Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tumpah ruah memadati bantaran Sungai Bengawan Solo desa setempat. Kedatangan mereka tersebut tak lain dan tak bukan ialah demi menyaksikan keseruan lomba dayung perahu tradisional yang diprakarsai oleh Nelayan Simo Makmur, Karang Taruna (Kartar), juga segenap pemerintah desa.

Pasca sukses diagendakan pada tahun lalu, panitia penyelenggara kegiatan kembali menghadirkan giat bersama yang dikemas dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia. Tak tanggung-tanggung, selain mendapat peserta dari pemuda dan warga sekitar bantaran Bengawan Solo Desa Simo, juga hadir peserta lomba dari wilayah Kabupaten Bojonegoro, yakni warga seberang Kecamatan Kanor.

"Lomba ini kita adakan lagi untuk umum, dan kali ini pesertanya juga ada dari Bojonegoro. Untuk memaksimalkan potensi yang ada, kita giatkan lomba ini untuk kemeriahan semarak kemerdekaan," kata Ketua Panitia, Kusnoto kepada blokTuban.com, Minggu (16/9/2018).

Pada sambutan acara sebelum dimulai lomba, Kades Simo mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi warga masyarakatnya, rekan kepala desa, juga petinggi Forpimcam Soko yang berkenan hadir dan menyaksikan lomba secara langsung.

"Semoga lomba balap dayung bisa lancar, sukses dari awal sampai akhir acara," ujar Kadesa Simo, Ahmad Hadi dengan singkat.

Dalam lomba tradisional itu, Forum pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Soko, juga sejumlah Kepala Desa (Kades) dari Desa Sandingrowo dan Desa Bangunrejo turut hadir menyaksikan keseruan lomba balap dayung perahu. Dukungan penuh dari mereka atas pemanfaatan fungsi Bengawan Solo turut Desa Simo, juga diiringi simpul silaturahmi nan kuat.

Mewakili Forpimcam, Camat Soko menyampaikan apresiasi kepada segenap warga Desa Simo, khususnya panitia kegiatan yang setiap tahun selalu bisa istiqomah untuk menggiatkan lomba dayung, dimana tak dimiliki oleh wilayah desa yang ada di Kecamatan Soko.

"Kami berharap agat kegiatan rutinan ini bisa menjadi wahana, potensi wisata yang ada di Desa Simo," ungkap Camat Soko, Suwito berharap. [feb/ito].