Kostum Karnival Karya Warga Tuban Tembus Luar Daerah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Arifin (40) seorang perajin Kostum Karnival asal Lingkungan Wire, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, sejak awal bulan Juli kemarin sudah mulai dibanjiri pesanan.

Pemesan atau penyewa kostum karnival untuk event Agustusan sendiri datang dari berbagai kalangan, baik mulai dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) sampai pelajar SMA bahkan hingga tingkatan umum di Kabupaten Tuban. Mereka menyewa lebih awal karena khawatir tidak mendapatkan kostum sesuai yang diinginkan.

Selain dari warga lokal Kabupaten Tuban, dari pengakuan Arifin, penyewa kostum karnival hasil karyanya juga diminati dari berbagai daerah luar Tuban, seperti Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Rembang serta Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

"Beberapa penyewa kostum juga datang dari luar Tuban," ujar Arifin saat ditemui blokTuban.com.

Menurut Ipin sapaannya, untuk saat ini sudah ada sebanyak 25-30 kostum karnival hasil karyanya yang sudah disewa untuk pawai karnaval nanti. Harga sewa sendiri ditawarkan beragam, mulai dari Rp300.000 hingga Rp1 juta.

Dia juga menambahkan, kostum yang sudah disewa pun terdiri dari berbagai ukuran dan motif berbeda, seperti motif emas, batik, dan motif lainnya. "Untuk saat ini semua koleksi yang saya punya sudah disewa, ini tinggal finishing saja untuk diserahkan ke pemesan," pungkasnya.[hud/col]