Pengguna Jasa Pos Naik Drastis, Mayoritas Pebisnis Online

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Siang ini ruang kantor Pos Bangilan penuh dengan barang paketan. Selain itu, hilir mudik masyarakat yang ingin mengirim maupun menerima barang juga menjadi pemandangan tersendiri.

Salah seorang warga, Sulisyanto (36) ketika ditemui blokTuban.com mengaku sedang melakukan transaksi jual beli online lewat kantor pos. Ia membeli barang elektronik yang akan dikirimkan lewat pos.

"Ini tadi beli komputer dan HP," tutur dia usai membayar di meja petugas.

Dari tempat tersebut juga dapat diinformasikan, belum genap satu bulan, pengguna jasa pengiriman barang dan surat di kantor Pos naik 100 persen. Lonjakan tersebut didominasi oleh pebisnis online.

Kepala Cabang Kantor Pos Bangilan, Sumarto, saat ditemui mengaku, sebelum dan memesuki bulan puasa pengiriman barang maupun surat sudah naik dari kisaran 500 kali, menjadi lebih dari 1000 kali pengiriman.

"Selama bulan Mei pengiriman meningkat drastis. Per tanggal 24 atau hari ini lebih dari 1000 pucuk kiriman," ujar Sumarto saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (24/5/2018).

Dijelaskan Sumarto, kemarin saja jumlah kiriman mencapai 1.063 pucuk. Sedangkan untuk hari ini belum terekap. Kondisi ini diprediksi akan terjadi hingga mendekati dan setelah lebaran.

Saat ditanya mayoritas pengguna jasa Pos, pihaknya menyebut adalah pebisnis online. Baik berupa jual beli barang elektronik, kosmetik, pakaian dan aksessoris.

"Rata-rata pembisnis online. Baik itu elektronik, kosmetik, hijab, kain dan pakaian lain," babernya panjang lebar. [rof/rom]