Bakar Ban, Gudang Parkir Truk Nyaris Ludes

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gudang yang dimanfaatkan untuk area parkir milik PT. Prasojo Jaya Bersama (PJB) di Dusun Pereng, Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, nyaris ludes terbakar dini hari tadi, Jumat (12/1/2018).

Keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, kejadian berawal ketika lampu di area gudang padam. Kondisi gelap membuat penjaga gudang, Sujono (60), berinisiatif membakar ban bekas untuk penerangan.

Setelah membakar ban, Sujono kemudian berjaga di depan gudang untuk membantu keluar masuk truk ke area parkir. "Tiba-tiba saat itu api membesar dan membakar tumpukan ban yang lain," begitu pengakuan Sujono kepada petugas.

Api semakin membesar membakar tumpukan ban, dan membuat semakin sulit dipadamkan. Penjaga gudang semakin panik karena api hanya berjarak 4 meter dari kantor dan garasi trailer.

"Dia kemudian meminta anaknya untuk menghubungi pemadam kebakaran," kata Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiyono.

Pemadam dari BPBD Tuban dibantu PT. Semen Indonesia dan kepolisian bertindak cepat melakukan pemadaman. Api bisa dijinakan sekitar satu jam kemudian dan tidak sampai membakar seluruh bagian gudang.

"Kerugian material sekitar Rp50 juta," kata Joko. [pur/rom]