Perajin Kaligrafi, Kebanjiran Pesanan Pigora dan Vandel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Salah satu perajin kaligrafi di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban saat ini kabanjiran pesanan pembuatan bingkai foto (Pigora) dan vandel.

Pasalnya saat ini sebagian sekolah dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) telah menyelenggarakan haflah akhirussanah atau perpisahan. Karena itu, pesenan pigora maupun vandel dari berbagai sekolah di kecamatan kawasan Kabupaten Tuban meningkat tajam.

Pemilik usaha pembuatan kaligrafi, Imam Syafii, mengaku saat ini pemesan pigora dan juga vandel telah ramai, sehingga karyawan sekarang telah bertambah menjadi lima orang yang sebelumnya empat orang.

"Peningkatan saat ini mencapai 50 persen, selain pemesan kaligrafi, saat ini banyak juga yang memesan pigora dan vandel," ujar Imam kepada blokTuban.com, Selasa (31/5/2016).

Dengan pesanan yang meningkat tajam tersebut dalam sehari dia dan karyawannya bisa membuat 300 buah pigora dengan berbagai ukuran. Setiap produk perusahaannya dipatok harga antara Rp15.000 hingga Rp30.000.

Melihat banyaknya pemesanan, saat ini pembuatan dilakukan imam sampai pukul 17.00 WIB sampai 18.00 WIB. "Dalam sehari saya dan karyawan saya bisa membuat sekitar 300 pigora dan vandel berbagai ukuran," pungkas Imam.[hud/col]