Warung Legendaris Jangkar, Jeroan Belut Membalut Lidah

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tampaknya tak ada hentinya jika kita mengupas kuliner yang ada di Bumi Wali sebutan Tuban. Di kabupaten yang terletak digaris pantai utara jawa ini memang kaya akan aneka macam kuliner, sehingga akan memanjakan lidah para penikmat kuliner yang akan berkunjung di Tuban. Seperti warung kuliner yang satu ini adalah 'Warung Jangkar'. Warung yang berada di Dusun Sawahan, Desa Tegal Agung, Kecamatan Semanding, memang sudah sangat tersohor dikalangan penikmat kuliner yang ada di Tuban, bahkan hingga luar Kota.

Tak rumit untuk menemukan warung yang terkenal dengan ekstra pedasnya itu, dengan jarak sekitar 2 kilometer dari pusat kota, anda akan sampai di lokasi dengan rute arah RS Medika, lurus ke selatan hingga anda menjumpai pasar klampok, di situ terdapat sebuah pertigaan dan silahkan ambil arah kanan, dengan jarak sekitar 300 meter akan tiba pada sebuah papan yang bertuliskan 'Warung Jangkar'. Di situlah anda bisa bertanya pada warga setempat terkait lokasinya, karena masuk di sebuah gang.

Pemilik warung jangkar, Darsih mengatakan, warung ini sudah lama berdiri sekitar 25 tahun. Di sini menyajikan menu belut, lele, kodok (swike), dan yang merupakan menu spesial adalah jeroan belut.

"Harganya per porsi 13 ribu untuk setiap menu, jika tambah nasi putih maka harga menjadi 16 ribu, selain itu juga ada nasi jagung per bungkusnya seribu, untuk minumnya teh botol saja," terang Darsih, kepada blokTuban.com

Selanjutnya, masih kata Darsih menjelaskan, menu-menu Jangkar tersebut memang banyak yang tersedia di warung-warung lainnya, tapi yang mungkin tidak dijumpai adalah jeroan belut jangkar, dan masyarakat juga mungkin masih banyak yang belum tahu tentang menu jeroan belut tersebut, mungkin tahunya belut saja, silahkan dicoba di Jangkar.

"Ya menu-menu di sini memang terkenal dengan pedasnya, karena itu adalah khas dari Tuban, apalagi jika rasa pedas bumbu tersebut sudah bercampur dengan jeroan belut yang sudah siap saji, pasti rasanya membalut lidah," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwa biasanya warung jangkar ini setiap harinya selalu ramai dipadati penikmat kuliner, baik dari Tuban sendiri, ataupun dari luar kota, seperti Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, Rembang dan kota-kota lain. [nok/rom]