FID Kilang Tuban Ditarget Selesai November 2024, Pertamina Masih Gandeng Rosneft

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan Final Investment Decision (FID) untuk proyek Kilang Tuban selesai pada bulan depan, Minggu (20/10/2024). 

Proyek ini merupakan kolaborasi antara Pertamina dan perusahaan migas Rusia, Rosneft.

Dikutip dari Katadata jejaring media blokTuban.com, Minggu (20/10/2024), bahwa pelaksana tugas Direktur Jenderal Migas, Dadan Kusdiana, mengungkapkan bahwa FID ditargetkan rampung pada November 2024, sesuai laporan Pertamina baru-baru ini. 

Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, juga menyampaikan bahwa meski proyek ini masih menghadapi beberapa tantangan, seperti permasalahan pembebasan lahan, insentif, dan perizinan, pemerintah terus berupaya mengatasinya.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menegaskan bahwa proyek ini masih dalam tahap penyusunan FID. 

KPI dan Rosneft telah bekerja sama sejak penandatanganan kontrak desain pada Oktober 2019.

Sebelumnya, FID untuk Kilang Tuban ditargetkan pada kuartal IV 2024, meskipun ada tantangan geopolitik yang perlu diperhitungkan. 

Proyek ini memiliki nilai investasi sebesar US$ 3,8 miliar dan kapasitas produksi 300 ribu barel per hari, diharapkan dapat menghasilkan 30 juta liter bahan bakar minyak setiap harinya, terutama gasoline dan diesel. [Rof/Ali]

 

Sumber Artikel: https://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/berita/energi/67124cd4353a3/pertamina-masih-gandeng-rosfnet-nasib-investasi-kilang-tuban-diketok-november