Aturan Ketat Debat Pilkada Tuban: Paslon Dilarang Bawa Handphone

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Telah tiba pada tahapan debat perdana calon Bupati dan Wakil Bupati (cabup-cawabup) Tuban dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan digelar pada Minggu malam, 20 Oktober 2024, di Grand Javanilla Tuban. 

Mengangkat tema "Peningkatan Kesejahteraan dan Memajukan Daerah," debat ini akan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi.

Ketua KPU Tuban, Zakiyatul Munawaroh, menjelaskan bahwa pasangan calon tidak diperbolehkan membawa handphone atau perangkat elektronik lainnya selama debat berlangsung. 

Namun, mereka diperkenankan membawa kertas atau catatan sebagai referensi. 

"Paslon tidak boleh membawa handphone, namun catatan berupa hard copy diperbolehkan," ujarnya. 

Selain itu, setiap pasangan calon dibatasi untuk membawa maksimal 30 pendukung yang tidak diperkenankan membawa Alat Peraga Kampanye (APK) atau meneriakkan yel-yel selama acara. 

"Kami memfasilitasi hingga 30 pendukung per paslon di lokasi debat, serta memberi kesempatan untuk mengadakan nonton bareng di posko pemenangan," tambah Zakiya. 

Debat ini akan berlangsung dalam enam segmen, dimulai dengan penyampaian visi-misi di segmen pertama. 

Segmen kedua dan ketiga diisi dengan pertanyaan dari panelis, diikuti dengan sesi tanya jawab antar paslon pada segmen keempat dan kelima. 

Segmen terakhir ditutup dengan pernyataan penutup dari masing-masing pasangan calon.

Terdapat lima panelis yang akan berpartisipasi, terdiri dari akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat dari luar Tuban. [Rof/Ali]