Batik Gedog Tuban Jadi Ikon Spesial di Hari Batik Nasional 2024

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali menggelar acara bertajuk “Bangga Berbatik” untuk memperingati Hari Batik Nasional, yang kali ini berlangsung dari 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. 

Acara ini menjadi perayaan tahunan yang diadakan YBI sejak didirikan pada 28 Oktober 1994 oleh Jultin Ginandjar Kartasasmita, Ir. Firdaus Ali, dan DR. Dipo Alam MEM.

Pada perayaan kali ini dilansir dari Liputan6, YBI memilih Batik Gedog Tuban sebagai ikon Hari Batik Nasional 2024. Batik khas Tuban, Jawa Timur ini dipilih karena memiliki nilai budaya yang unik dan langka, dengan motif burung Phoenix yang mencerminkan akulturasi budaya Tiongkok dan Jawa. 

Ketua Panitia Pelaksana, Febriana Feramitha, menjelaskan bahwa Batik Gedog Tuban masih menggunakan benang katun dari kapas lokal, ditenun dengan alat sederhana oleh masyarakat asli Tuban.

Menariknya, idol K-pop Taeyong NCT sempat mengenakan batik Gedog Tuban rancangan Mel Ahyar setelah kunjungan ke Indonesia pada Desember 2023. 

Pakaian tersebut merupakan hadiah dari istri Menko Perekonomian, Yanti Airlangga, yang dengan bangga menyebut karya itu sebagai hasil dari pengrajin lokal.

Selain itu, dalam rangkaian acara HBN 2024, YBI juga menampilkan pameran edukatif melalui instalasi modern berupa multimedia tunnel. 

Instalasi ini menampilkan animasi batik yang telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis dari Kementerian Hukum dan HAM. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai acara seperti peragaan busana, talk show, dan konser musik. 

Puncak perayaan akan diadakan di Plaza Sudirman, GBK, dengan acara "Hari Batik Fun Run and Walk" untuk menggalang dana guna mendukung kegiatan pelestarian batik oleh YBI.

Menurut Ketua Umum YBI, Gita Pratama Kartasasmita, HBN 2024 menjadi perayaan spesial karena bertepatan dengan usia YBI yang ke-30. 

YBI berharap bisa terus memberikan inspirasi dan kontribusi bagi perkembangan batik di Indonesia. [Rof/Ali]