Ranking FIFA Indonesia Naik, Kini Berada di Peringkat 129 Dunia

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Ranking FIFA Timnas Indonesia kembali mengalami peningkatan. Pada bulan September ini, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-129 dunia. 

Kepastian ini diumumkan setelah FIFA merilis pembaruan resmi ranking negara-negara anggotanya pada Kamis (19/9). 

Sebelumnya, Indonesia berada di posisi ke-133 pada Juli lalu.

Kenaikan peringkat ini didorong oleh hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia dalam dua laga penting di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Tim Garuda bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi dan 0-0 melawan Australia, dua tim yang secara konsisten tampil di Piala Dunia. 

Berkat hasil tersebut, Indonesia memperoleh tambahan 15,44 poin, yang membawa mereka naik empat peringkat ke posisi 129 dengan total 1124,17 poin.

"Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia, membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi. Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Di level Asia Tenggara, Indonesia kini berada di bawah Thailand yang bertahan di posisi ke-100, dan Vietnam yang berada di peringkat 116. 

Sementara itu, Malaysia menempati posisi 132.

Indonesia masih memiliki peluang untuk memperbaiki peringkatnya pada laga berikutnya di Oktober mendatang. 

Timnas akan menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober dalam lanjutan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. [Rof/Ali]