299 Siswa Madrasah Aku Kemampuan Sain di Ajang KSM

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Sebanyak 299 siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah) atau setingkat SMP mengikuti KSM (Kompetisi Sains Madrasah) yang digelar di MTsN 3 Tuban, Selasa (2/7/2024). Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Hj. Umi Kulsum S.Ag, M. Pd. I, yang dihadiri oleh Pengawas Madrasah, Kepala Satker serta guru pendamping KSM.

"Dalam kegiatan KSM ini ada beberapa keistimewaan yang diperoleh.  Di antaranya soal-soal terintegrasi dengan ajaran-ajaran Islam dan mengusung isu-isu internasional," ujar Umi Kulsum.

Ia berharap dengan adanya KSM siswa akan mempunyai prestasi akademik di bidang sains dan juga ilmu agama sehingga bisa mewujudkan madrasah maju, bermutu dan mendunia.

"Saya yakin, kompetisi ini tidak hanya tembus ke level provinsi tetapi nasional bahkan internasional," harapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Subiyanto, S. Pd menjelaskan, tujuan kegiatan ini di antaranya adalah menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.

Kemudian memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

‘’Dan ketiga memberikan kesempatan menjadi Duta Kabupaten yang dapat membanggakan MTs Kabupaten Tuban,’’ jelasnya.

Pria asal Tambakboyo Tuban ini menambahkan 299 peserta itu berasal 88 lembaga yang terbagi dalam mapel Matematika 88 siswa, IPA 87 siswa, IPS 88 siswa dan beregu 12 regu. Jumlah ruang ujian mapel individu 5 ruang mapel beregu satu ruang.

‘’Kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri oleh KKM MTs Kabupaten Tuban,’’ katanya.[ono]