Test Produksi Sumur Sumber-1A di Tuban untuk Pastikan Gas 12 mmscfd

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) sukses menjalankan kegiatan Test Produksi sumur Sumber-1A sebagai bagian dari program Put on Production (PoP) di Kecamatan Merakurak, Tuban, Senin (22/4/2024). 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan sumur tersebut mampu memproduksikan gas sesuai dengan target yang ditetapkan, yaitu sebesar 12 mmscfd sesuai Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG).

"Dalam pelaksanaannya, PHE TEJ menjalankan operasi ini dengan mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan," Ujar Amarullah Relation PHE kepada blokTuban.com. 

Hal ini dilakukan guna memastikan setiap tahapan kegiatan dapat terukur dan aman.

Selama proses test produksi berlangsung, PHE TEJ dibantu oleh tim yang lengkap dan berkolaborasi erat dengan Pemerintah Desa Sambonggede dan Sumber. 

"Kolaborasi ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan kelancaran operasi, tetapi juga untuk mendukung kesejahteraan masyarakat sekitar," imbuhnya. 

Tim paramedik siap siaga di Kantor Desa untuk menangani segala keluhan kesehatan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Dengan berjalannya kegiatan Test Produksi Sumur Sumber-1A ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pasokan gas dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Diketahui, program Put on Production (PoP) berlangsung di sumur Sumber-1A Lapangan Sumber Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. 

Pekerjaan Well Test direncanakan berlangsung selama 12 jam selama 6 hari, dimulai dari tanggal 18 April 2024.

Perusahaan siap menindaklanjuti dan mengatasi segala kerugian material yang mungkin timbul dan dilaporkan secara resmi oleh Pemerintah Desa sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku. [Dwi/Ali]