KPU Tuban Minta Penyelenggara Pemilu Jaga Netralitas

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Memasuki H-10 gelaran pesta demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban meminta agar penyelenggara Pemilu Umum (Pemilu) untuk menjaga netralitas dan memihak salah satu Pasangan Calon (Paslon) maupun Calon Legislatif (Caleg).

 

Hal tersebut, diungkapkan Komisioner KPU Tuban Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Pemilih, Zakiyatul Munawaroh setelah viralnya foto anggota KPPS yang berpose menggunakan jari. 

 

"Jadi teman-teman penyelenggara baik tingkat PPS, PPK, maupun KPPS harus netral dan masyarakat harus melihat itu netral, sehingga tidak boleh berpihak kepada salah satu Paslon," katanya, Minggu (4/2/2023). 

 

Oleh karena itu, perempuan yang akrab disapa Zakiya ini juga menghimbau kepada seluruh penyelenggara Pemungutan Suara, untuk berhati-hati dalam berpose saat foto ataupun dalam kegiatan lainnya. 

 

Untuk mengantisipasi adanya pelanggaran kode etik oleh para penyelenggara, maka KPU Tuban juga telah mengingatkan dan memanggil sejumlah PPS dan PPK yang berpotensi melanggar kode etik. 

 

"Kami kemarin juga banyak mengingatkan dan memanggil teman-teman PPK dan PPS yang sekiranya juga lagi nyerempet ke kode etik," jelasnya. 

 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini juga meminta agar seluruh penyelenggara Pemilu dapat memahami secara sungguh-sungguh, aturan ataupun kode etik penyelenggara, agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS